Oleh karena membaca Al- Qur'an termasuk ibadah, maka ada syarat dan ketentuan yg harus dipenuhi oleh si pembacanya. Diantaranya, harus suci dari hadats dan najis, dibaca di tempat yg terhormat, dan dibaca sesuai kaidah ilmunya.
Ilmu membaca Al-Qur'an disebut Ilmu Tajwid atau Tahsinul Qur'an yg berarti sama yakni: memperbagus/memperindah (bacaan Al- Qur'an). Nah! Selanjutnya, ada timbul pertanyaan: Bolehkah Membaca Al- Qur'an Tanpa Tajwid? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita perhatikan pernyataan dari ahli ilmu Al- Qur'an atau ulama' Al- Qur'an, sebagai berikut:
تجويد القرآن الكريم واجب وجوبًا شرعيا يُثاب القارئ على فعله، ويعاقب على تركه، وهو فرض عين عَلَى من يريد قراءة القرآن؛ لأنه نزل على نبينا -صلى الله عليه وسلم- مُجودًا، ووصل إلينا كذلك بالتواتر.
Jumhur Ulama menyatakan: Membaca Al- Qur'an dengan Tajwid adalah wajib syar'i, ada pahala bagi bagi yg mengamalkan, dan ada dosa bagi yg tidak mengamalkannya. Kedudukan ilmu Tajwid adalah fardhu ain bagi orang yg ingin membaca Al- Qur'an. Karena Al- Qur'an turun kepada Nabi Muhammad SAW sesuai tajwid, kemudian sampai kepada kita dengan tajwid juga.
وقد أخرج ابن خزيمة في صحيحه عن زيد بن ثابت قال : قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم- “إن الله يحب أن يُقرأ القرآن كما أُنزل”.
قال تعالى : (وَرَتِّلْ الْقُرْآنَ تَرْتِيلاً) [سورة المزمل ” 4]. وقال : (وَرَتَّلْنَاه تَرْتِيلًا) [سورة الفرقان : 32].
Rasulullah SAW bersabda: Sesunguhnya Allah mencintai pembacaan Al- Qur'an seperti saat diturunkan. Allah SWT berfirman: Bacalah Al- Qur'an dengan tartil.
وقد سئل الإمام على -رضى الله عنه- عن معنى التريتل فقال : هو تجويد الحروف ومعرفة الوقوف.
Imam Ali ra. berkata: Tartil adalah membaguskan suara huruf dan mengetahui tanda berhenti (waqaf).
وقال ابن عباس في تفسير الآية الأولى : معنى (رَتِّلْ الْقُرْآنَ) بيَّنه. وقال مجاهد تأنّ فيه. وقال الضحاك : انبذه حرفًا حرفًا وتلبَّث في قراءته وتمهَّل فيها، وافصل الحرف من الحرف الذي بعده.
Ibnu Abbas ra. berkata: Tartil adalah memperjelas bacaan. Dikatakan juga bahwa tartil adalah menyebutkan huruf demi huruf dan berhati-hati dalam bacaan.
وقال الإمام الغزالي في كتابه “الإحياء” : تلاوة القرآن حق تلاوته، هو أن يشترك فيه اللسان والعقل والقلب. فحظ اللسان تصحيح الحروف بالترتيل، وحظُّ العقل تفسير المعاني، وحظُّ القلب الاتعاظ والتأثير.
Imam Al Ghazali berkata: Pembacaan Al- Qur'an yg benar adalah kerja sama yg baik antara lisan, akal, dan hati. Lisan menjelaskan huruf-huruf dgn tartil, akal memikirkan maknanya, hati memperhatikan maksud bacaannya.
قال صاحب النشر في تفسير ما قاله الإمام على في معنى الترتيل : التجويد هو حِلْية القراءة، ويكون بإعطاء كل حرف من حروف الهجاء حقه ومستحقه، أي أنه يجب أن تكون حروفه مرتبة، ويرد كل حرف إلى مخرجه وأصله، ويلطف النطق على كمال هيئته من غير إسراف ولا تعسف، ولا إفراط ولا تكلف.
Dikatakan juga bahwa huruf-huruf Al Quran (huruf Hijaiyah ada makhraj (tempat keluar)nya masing-masing. Tajwid menjelaskan makhraj tersebut.
والوقف: هو قطع الصوت على آخر كلمة زمنًا يتنفس فيه القارئ. أهـ.
وهذا التجويد يتنافى مع اللَّحن، الذي هو الميل عن الصواب، وهو قسمان :
لحن جَلي واضح إذا كان فيه إبدال حرف بحرف أو حركة بحركة بحيث يكون هناك إخلال بالمعنى، كالذي ينطق التاء في (يقنت) طاء (يقنط) وكالذي يضم تاء (أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ).
والقسم الثاني من اللَّحن لحنٌ خَفي لا يدركه إلا المختصون من العارفين بأحكام القراءة، وهو يُخل بالأداء ولا يخل بالمعنى، كقصر الممدود وإظهار المدغم وتفخيم المرقق وهكذا.
والتجويد الذي يحفظ من هذا اللَّحن الخفي مستحب، ولا يأثم تاركه، وقيل يأثم عند تعمد هذا اللحن.
والتجويد وبخاصة ما يُراعى فيه إعطاء المدود والغنات حقَّها وما يماثل ذلك يصعب أو يتعذر الاستقلال بمعرفته من الكتب، بل لابد له من التلقي والمشافهة عن العارفين به.
Ilmu Tajwid juga menerangkan tentang waqaf, lahn (penyebutan huruf yg terkesan mirip), mad (panjang bacaan), izhar, idgham, ikhfa', iqlab, dsb.
Dari beberapa pernyataan di atas disimpulkan bahwa membaca Al- Qur'an dengan Tajwid adalah wajib, dan membaca Al- Qur'an tanpa tajwid adalah berdosa. Pengecualiannya hanya bagi orang yg sedang belajar membaca Al- Qur'an atau ada udzur syar'i maka dimaafkan secara syariat.
No comments:
Post a Comment