RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 2 /2
Tema : Pengalamanku
(Tema 5)
Sub Tema : Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat
mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai
cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan
ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan
dengan benar.
3.
Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal
satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.
Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih
alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
5.
Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat
dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang dan
pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7.
Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat
memainkan pola irama sederhana
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v Melakukan Pembukaan dengan
Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) v Mengaitkan Materi
Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan
pengalaman peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak
Model Discovery Learning) Ayo
Mengamati ·
Siswa mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya Ayo
Mengamati ·
Siswa mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa,
mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati
(menanya). ·
Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan
(menanya). (Mandiri) Ayo
Menulis ·
Siswa bertanya jawab tentang isi teks percakapan (menanya). ·
Siswa menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang
diketahuiny (mengomunikasikan). Ayo
Berlatih ·
Siswa mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya”
(mengamati). ·
Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya). Ayo
Mengamati ·
Siswa mengamati gambar jam dinding (mengamati). ·
Siswa bertanya jawab tentang gambar jam dinding (menanya). Ayo
Mencoba ·
Siswa sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan
penggaris (menalar). ·
Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di
sekitar (menalar). ·
Siswa mengukur minimal lima benda (mencoba). ·
Siswa menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom yang
disediakan (mencoba). ·
Siswa menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan cm
(mencoba). Ayo
Berlatih ·
Siswa mengamati gambar berbagai jenis benda (mengamati). ·
Siswa menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris
(mencoba). Ayo
Bernyanyi ·
Siswa membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi” (mengamati). ·
Siswa menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi” (mencoba). ·
Siswa bertanya jawab tentang tekanan nada (menanya). ·
(mengamati). (Creativity
and Innovation) Ayo
Berdiskusi ·
Siswa berdiskusi menentukan tekanan kuat dan lemah pada
pola irama sederhana (mengomunikasikan). ·
Siswa berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada
pola irama sederhana (mengomunikasikan). |
150 menit |
Penutup |
Kerjasama dengan Orang Tua Peserta
Didik : Ø
Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø
Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Ø
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi hadiah/ pujian |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui: Kepala
UPTD SD/MI ................., NAMA KEPALA NIP. |
|
Nama Kabupaten, …………………… 2022 Guru
Kelas NAMA GURU NIP.
............................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 2 /2
Tema : Pengalamanku
(Tema 5)
Sub Tema : Pengalamanku
di Rumah (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar beberapa gerakan
bertumpu dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bertumpu dengan
tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
2. Dengan mengikuti panduan dari guru,
siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas
senam lantai dengan benar.
3. Dengan memilih beberapa gambar yang
berkaitan dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menunjukkan contoh
perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat.
4. Dengan menunjukkan contoh perilaku di
rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menceritakan
tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di rumah
dengan baik.
5. Dengan mengamati teks percakapan antara
Beni bersama ayahnya, siswa dapat menemukan contoh ungkapan permintaan maaf
sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat
pada teks percakapan dengan benar.
6. Dengan mengamati teks percakapan antara
Beni bersama ayahnya, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf
yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri dengan baik.
7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat
mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun
dalam kemajemukan dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v Melakukan Pembukaan dengan
Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) v Mengaitkan Materi
Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan
pengalaman peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Mengamati (Sintak Model Discovery Learning) v
Siswa mengamati gambar Beni bermain kuda-kudaan bersama
ayahnya (mengamati). v
Siswa mengamati beberapa gambar gerakan bertumpu dengan tangan
(mengamati). (Critical Thingking and Problem Solving, Communication) Ayo Berlatih v
Siswa bertanya tentang cara melakukan gerakan bertumpu
dengan tangan (menanya). v
Siswa lain menjawab pertanyaan yang baru saja disampaikan
temannya (menalar). (Critical Thingking and Problem Solving, Communication) Ayo Berdiskusi v
Siswa berdiskusi tentang cara melakukan gerakan bertumpu
dengan tangan (mengomunikasikan). v
Siswa menulis hasil diskusinya tentang cara melakukan
gerakan bertumpu dengan tangan (mencoba). (Collaboration) Ayo Mencoba v
Siswa mencobakan gerakan bertumpu dengan tangan (mencoba). (Critical Thingking and Problem Solving) Ayo Berlatih v
Siswa bertanya jawab tentang sikap yang sesuai dengan sila
pertama Pancasila (menanya). v
Siswa menulis lima sikap yang sesuai dengan sila pertama
Pancasila (menalar). (Communication) Ayo Mencoba v
Siswa menulis cerita tentang pengalamannya yang pernah
dilakukannya berkaitan dengan sila pertama Pancasila (mencoba). (Critical
Thingking and Problem Solving) Ayo Membaca v
Siswa membaca teks percakapan antara Beni bersama ayahnya
(mengamati). Ayo Menulis v
Siswa menulis ungkapan maaf sesuai pengalaman
masing-masing. (Critical Thingking and Problem Solving) Ayo Mencoba 1. Siswa mempraktikkan ungkapan
permintaan maaf secara berpasangan (mencoba). |
150 menit |
Penutup |
Peserta
Didik : Ø
Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø
Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi hadiah/ pujian A. Salam dan
do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN
(ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui: Kepala
UPTD SD/MI ................., NAMA KEPALA NIP. |
|
Nama
Kabupaten, …………………… 2022 Guru
Kelas NAMA GURU NIP.
............................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 2 /2
Tema : Pengalamanku
(Tema 5)
Sub Tema : Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan Dengan mengamati teks lagu
“Burung Tantina”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi
lagu “Burung Tantina” dengan benar.
2. Dengam menyanyikan lagu “Burung
Tantina”, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola
irama sederhana dengan benar.
3. Dengan menyanyikan lagu “Burung
Tantina”, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama
sederhana dengan benar.
4. Dengan mengamati gambar Beni bersama
kakaknya, siswa dapat menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan baik.
5. Dengan menulis kalimat/ungkapan
permintaan maaf, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan
kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat
mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
7. Dengan mengamati gambar, siswa dapat
memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan
tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v Melakukan Pembukaan dengan
Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) v Mengaitkan Materi
Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan
pengalaman peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Bernyanyi v
Siswa memperhatikan panjang pendek bunyi lagu. v
Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Burung Tantina”
berdasarkan arahan guru (mencoba). (Creativity and Innovation) Ayo Mengamati v
Siswa mengamati teks lagu “Burung Tantina” (mengamati). v
Siswa mengamati sebuah gambar Beni yang bermain piano di
dekat kakaknya belajar (mengamati). (Creativity and Innovation) Ayo Menulis v
Siswa menuliskan ungkapan permintaan maaf (mencoba). v
Siswa mempraktikkan ungkapan permintaan maaf yang dibuatnya
(mencoba).(Literasi) Ayo Mengamati v
Siswa mengamati gambar Beni bertanya tentang alat yang
digunakan untuk mengukur panjang benda (mengamati). v
Siswa membaca balon percakapan yang ada di samping gambar
(mengamati).(Literasi) Ayo Berlatih 1. Siswa bertanya jawab tentang gambar
(menanya). 2. Siswa lain menjawab pertanyaannya
(menalar). 3. Siswa membandingkan jawaban yang
tertulis pada bukunya (mencoba). (Critical Thingking and Problem Solving, Communication) Ayo Mencoba 1. Siswa menentukan alat ukur yang tepat
digunakan untuk benda tertentu (mencoba). 2. Siswa memberikan tanda centang ()
pada gambar yang sesuai (mencoba). (Critical Thingking and Problem Solving) Ayo Membaca 1. Siswa mengamati gambar Beni bertanya
tentang cara menggunakan meteran (mengamati). 2. Siswa membaca balon cerita yang
terdapat pada gambar (mengamati). 3. Siswa bertanya jawab tentang gambar
yang diamatinya (menanya).(Communication) Ayo Berlatih 1. Siswa mengamati hubungan satuan meter
dengan sentimeter (mengamati). 2. Siswa menghitung perubahan meter
menjadi sentimeter (mencoba). (Critical Thingking and Problem Solving) |
150 menit |
Penutup |
Peserta
Didik : Ø
Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø
Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Ø
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi hadiah/ pujian |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui: Kepala
UPTD SD/MI ................., NAMA KEPALA NIP. |
|
Nama
Kabupaten, …………………… 2022 Guru
Kelas NAMA GURU NIP. ............................... |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 2 /2
Tema : Pengalamanku (Tema 5)
Sub Tema : Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan
mendengarkan puisi, siswa dapat membedakan bentuk puisi dengan yang bukan puisi
tentang alam dengan benar.
2.
Dengan
mendengarkan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam
puisi anak tentang alam dengan baik.
3.
Dengan
diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang
terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan tepat.
4.
Dengan
mengamati teks lagu, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk
mengiringi lagu “Lihat Kebunku” dengan benar.
5.
Dengan
menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek
bunyi pada pola irama sederhana dengan tepat.
6.
Dengan
menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan
nada lemah pada pola irama sederhana dengan tepat.
7.
Dengan
maju ke depan kelas, siswa dapat membaca indah puisi anak berjudul " Taman
Bungaku" tentang alam dengan benar.
8.
Dengan
mendengarkan pembacaan puisi oleh temannya, siswa dapat mengoreksi kesalahan
pembacaan puisi anak tentang alam dengan baik.
9.
Dengan
mengamati gambar beserta balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku
untuk mengukur panjang dengan baik.
10.
Dengan
mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan perkakas di bengkel, siswa
dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur
dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi
yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik
(Apersepsi) v Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Mengamati (Sintak Model Discovery Learning) v Siswa mengamati gambar Beni membaca puisi tanpa
menggunakan teks (mengamati). v Siswa mengamati teks percakapan antara Beni dengan
kakaknya (mengamati). Ayo Berdiskusi v Siswa mendiskusikan isi teks puisi (mengomunikasikan). v Siswa berdiskusi tentang menemukan kata yang belum
dipahami (mengomunikasikan). (Communication, Gotong Royong) Ayo Mengamati v Siswa mengamati gambar keluarga Beni sedang gotong royong
(mengamati). v Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya). (Communication) Ayo Berlatih v Siswa membuat pertanyaan tentang gambar (menanya). v Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman
sebangku (mengomunikasikan). v Siswa menjawab pertanyaan yang dibuat temannya
(menalar). v Siswa membandingkan jawabannya dengan yang ditulis
sebelumnya (menalar). Ayo Bernyanyi v Siswa menyanyikan lagu “Lihat Kebunku” (mencoba). (Creativity and Innovation) Ayo Menulis v Siswa menentukan panjang dan pendek nada lagu (menalar). v Siswa menentukan kuat dan lemah bunyi lagu (menalar). v Siswa menulisnya di dalam kolom yang sudah disediakan
(mencoba).
(Creativity and Innovation) Ayo Membaca v Siswa mengamati teks puisi “Taman Bungaku” (mengamati). v Siswa membaca puisi berikutnya sendiri-sendiri di depan
kelas (mencoba). v Siswa mengoreksi dengan memperhatikan penggunaan
ekspresi, intonasi, dan lafal pembacaan puisi (mengomunikasikan). (Communication) Ayo Menulis v Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan puisi yang telah
dibaca (menalar). (Critical
Thingking and Problem Solving) Ayo Mengamati v Siswa mengamati gambar Beni bertanya sambil memegang
jangka sorong (mengamati). v Siswa membaca balon percakapan pada gambar (mengamati). v Siswa bertanya jawab tentang jangka sorong (menanya). (Communication) Ayo Berlatih v Siswa mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan
benda perkakas di bengkel (mengamati). v Siswa bertanya jawab tentang benda tersebut (menanya). v Siswa menyebutkan nama benda pada gambar (mencoba). v Siswa menentukan gambar yang termasuk benda yang dapat
diukur dengan jangka sorong (menalar). (Critical
Thingking and Problem Solving) |
150 menit |
Penutup |
B.
Kerjasama dengan Orang Tua Siswa bersama orang tua, mendiskusikan tentang cara menulis puisi. Dan bersama orantua, carilah contoh
puisi tentang anak.. (Mandiri) Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru
: Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi hadiah/ pujian |
15 enit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui: Kepala
UPTD SD/MI ................., NAMA KEPALA NIP. |
|
Nama Kabupaten, …………………… 2022 Guru Kelas NAMA GURU NIP. ............................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 2 /2
Tema : Pengalamanku
(Tema 5)
Sub Tema : Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat
menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan
benar.
2.
Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat
mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan
benar.
3.
Dengan mengamati teks “Burung Kutilang”, siswa dapat membaca
indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat)
dengan benar.
4.
Dengan mendengarkan temannya membaca indah puisi anak tentang
alam, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam
(ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan tepat.
5.
Dengan mengamati gambar Beni bergantungan, siswa dapat
mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas dengan
baik.
6.
Dengan mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan,
siswa dapat menjelaskan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas
senam lantai dengan benar.
7.
Dengan mengamati gambar beberapa pilihan contoh perilaku di
rumah yang sesuai dengan sila kedua, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di
rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan tepat.
8.
Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai
dengan sila kedua Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman
menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah dengan baik.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v Melakukan Pembukaan dengan
Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) v Mengaitkan Materi
Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan
pengalaman peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo
Mengamati (Sintak
Model Discovery Learning) v Siswa mendengarkan guru membacakan
puisi berjudul “Burung Kutilang” (mengamati). v Siswa bertanya jawab tentang cara
membaca puisi (menanya).(Communication) Ayo
Berlatih v Siswa membuat pertanyaan tentang puisi
yang didengarnya (menanya). v Siswa menukarkan pertanyaan yang
dibuat dengan teman sebangku v Siswa saling menjawab pertanyaan
(menalar). Ayo Berdiskusi v Siswa berdiskusi bersama temannya
(mengomunikasikan). v Siswa menulis hasil diskusinya di
dalam kolom yang sudah disediakan (mencoba). Ayo
Membaca v Siswa membacakan puisi “Burung
Kutilang” (mencoba). v Siswa mengomentari tentang penggunaan
lafal, intonasi, dan ekspresi (mengomunikasikan). (Creativity and Innovation) Ayo
Mencoba v Siswa mencobakan gerakan bergantungan
dengan tangan di bawah pengawasan guru Siswa mencobakan setiap gerak
bergantung dengan tangan (mencoba). (Critical
Thingking and Problem Solving) Ayo
Bercerita v Siswa menceritakan pengalamannya
melakukan gerak bergantung dengan tangan (mengomunikasikan). (Communication) Ayo
Berlatih v Siswa mengamati pilihan gambar yang
menunjukkan sikap yang sesuaidengan sila kedua Pancasila (mengamati). Ayo
Mengamati v Siswa bertanya jawab tentang gambar
yang diamati (menanya). (Communication) Ayo
Bercerita v Siswa menceritakan pengalamannya di
depan kelas dalam menerapkan sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila |
150 menit |
Penutup |
16
Kerjasama dengan Orang Tua Siswa bersama orang tua, mendiskusikan contoh perilaku di rumah yang sesuai sila
kedua Pancasila. (Mandiri) Peserta
Didik : Ø
Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø
Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15 menit |
D. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui: Kepala
UPTD SD/MI ................., NAMA KEPALA NIP. |
|
Nama
Kabupaten, …………………… 2022 Guru
Kelas NAMA GURU NIP.
............................... |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 2 /2
Tema : Pengalamanku
(Tema 5)
Sub Tema : Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati balon percakapan, siswa
dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila ketiga
Pancasila dengan tepat.
2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila ketiga di
rumah dengan baik.
3. Dengan mendengarkan pembacaan puisi “Tik
Tik Tik Bunyi Hujan”, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam
puisi tersebut yang diperdengarkan dengan benar.
4. Dengan menemukan kosakata baru yang
terdapat dalam puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”, siswa dapat mengartikan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi tersebut dengan tepat.
5. Dengan menyanyikan lagu “Tik Tik Tik
Bunyi Hujan”, siswa dapat membaca indah puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan” (dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
6. Dengan mendengarkan pembacaan puisi “Tik
Tik Tik Bunyi Hujan” oleh teman, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan
puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan” (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi
yang diungkapkan) dengan benar.
7. Dengan membaca puisi “Tik Tik Tik Bunyi
Hujan”, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang
tepat dengan benar.
8. Dengan memperhatikan teks pada balon
percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan
baik.
9. Dengan mengamati beberapa gambar tentang
benda di sekitar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v Melakukan pembukaan dengan
salam, dilanjutkan dengan membaca doa (orientasi) v Mengaitkan Materi
Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan
pengalaman peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo
Mengamati v Siswa mengamati gambar Beni bersama
sepupunya mengintip di jendela (mengamati). v Siswa bertanya jawab tentang gambar
yang diamatinya (menanya).(Communication) Ayo
Berlatih v Siswa bertanya tentang puisi yang
disampaikan gurunya (menanya). v Siswa membuat pertanyaan tentang puisi
yang didengarnya (menanya). Ayo
Membaca v Siswa membaca teks contoh sikap sila
ketiga Pancasila v Siswa bertanya jawab tentang sikap
lain yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (menanya). (Literasi, Critical Thingking
adn Problem Solving) Ayo
Mencoba v Siswa menceritakan pengalamannya
berkaitan dengan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila yang pernah
dilakukannya (mengomunikasikan). Ayo
Mengamati v Siswa mengamati gambar Beni menerapkan
sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mengamati). Ayo
Mencoba v Siswa menyanyikan lagu “Tik Tik Tik
Bunyi Hujan” bersama guru dengan teks berikut (mencoba). v Siswa memperhatikan cara membaca puisi
yang dicontohkan guru (mengamati). Ayo
Berdiskusi v Siswa berdiskusi tentang makna kata
yang terdapat di dalam puisi yang dibacakan guru (mengomunikasikan). v Siswa berdiskusi menentukan kata yang
terdapat pada kartu huruf yang diacak (mengomunikasikan). (Gotong Royong, Communication) Ayo
Menulis (Sintak
Model project based Learning) v Siswa menulis puisi yang berkaitan
dengan alam menggunakan kata-katanya sendiri ( Ayo
Berlatih v Siswa menentukan alat ukur yang
dibutuhkan untuk mengukur panjang benda pada gambar (menalar). |
150 menit |
Penutup |
Peserta
Didik : Ø
Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø
Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Ø
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi hadiah/ pujian |
15 enit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui: Kepala
UPTD SD/MI ................., NAMA KEPALA NIP. ............................... |
|
Nama
Kabupaten, …………………… 2022 Guru
Kelas NAMA GURU NIP.
............................... |
No comments:
Post a Comment