Wednesday, January 4, 2023

RPP KELAS 2 TEMA PENGALAMANKU

RPP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  RPP 

Satuan Pendidikan             : SD/MI

Kelas / Semester                 :  2 /2

Tema                                     :  Pengalamanku (Tema 5)

Sub Tema                             :  Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke                 :  1

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.

2.    Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.

3.    Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.

4.    Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.

5.    Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.

6.    Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.

7.    Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

10 menit

Kegiatan

Inti

(Sintak Model Discovery Learning)

Ayo Mengamati

·          Siswa mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya

Ayo Mengamati

·          Siswa mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).

·          Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan (menanya). (Mandiri)

Ayo Menulis

·          Siswa bertanya jawab tentang isi teks percakapan (menanya).

·          Siswa menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang diketahuiny (mengomunikasikan).

Ayo Berlatih

·          Siswa mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya” (mengamati).

·          Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).

Ayo Mengamati

·          Siswa mengamati gambar jam dinding (mengamati).

·          Siswa bertanya jawab tentang gambar jam dinding (menanya).

Ayo Mencoba

·          Siswa sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan penggaris (menalar).

·          Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar (menalar).

·          Siswa mengukur minimal lima benda (mencoba).

·          Siswa menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom yang disediakan (mencoba).

·          Siswa menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan cm (mencoba).

Ayo Berlatih

·          Siswa mengamati gambar berbagai jenis benda (mengamati).

·          Siswa menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris (mencoba).

Ayo Bernyanyi

·          Siswa membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi” (mengamati).

·          Siswa menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi” (mencoba).

·          Siswa bertanya jawab tentang tekanan nada (menanya).

·           (mengamati). (Creativity and Innovation)

Ayo Berdiskusi

·          Siswa berdiskusi menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana (mengomunikasikan).

·          Siswa berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana (mengomunikasikan).  

150

menit

Penutup

Kerjasama dengan Orang Tua

Peserta Didik :

Ø  Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :        

Ø  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø  Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

15 menit

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui:

Kepala UPTD SD/MI .................,

 

 

 

NAMA KEPALA

NIP.  ...............................

 

 

Nama Kabupaten, …………………… 2022

Guru Kelas

 

 

 

NAMA GURU

NIP. ...............................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP 

 

Satuan Pendidikan             : SD/MI

Kelas / Semester                 :  2 /2

Tema                                     :  Pengalamanku (Tema 5)

Sub Tema                             :  Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                  :  PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK

Pembelajaran ke                 :  2

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan mengamati gambar beberapa gerakan bertumpu dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.

2.     Dengan mengikuti panduan dari guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.

3.     Dengan memilih beberapa gambar yang berkaitan dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat.

4.     Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di rumah dengan baik.

5.     Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menemukan contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat pada teks percakapan dengan benar.

6.     Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri dengan baik.

7.     Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

10 menit

Kegiatan

Inti

Ayo Mengamati (Sintak Model Discovery Learning)

v  Siswa mengamati gambar Beni bermain kuda-kudaan bersama ayahnya (mengamati).

v  Siswa mengamati beberapa gambar gerakan bertumpu dengan tangan (mengamati). (Critical Thingking and Problem Solving, Communication)

Ayo Berlatih

v  Siswa bertanya tentang cara melakukan gerakan bertumpu dengan tangan (menanya).

v  Siswa lain menjawab pertanyaan yang baru saja disampaikan temannya (menalar).

(Critical Thingking and Problem Solving, Communication)

Ayo Berdiskusi

v  Siswa berdiskusi tentang cara melakukan gerakan bertumpu dengan tangan (mengomunikasikan).

v  Siswa menulis hasil diskusinya tentang cara melakukan gerakan bertumpu dengan tangan (mencoba). (Collaboration)

Ayo Mencoba

v  Siswa mencobakan gerakan bertumpu dengan tangan (mencoba).

(Critical Thingking and Problem Solving)

Ayo Berlatih

v  Siswa bertanya jawab tentang sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila (menanya).

v  Siswa menulis lima sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila (menalar).

(Communication)

Ayo Mencoba

v  Siswa menulis cerita tentang pengalamannya yang pernah dilakukannya berkaitan dengan sila pertama Pancasila (mencoba). (Critical Thingking and Problem Solving)

Ayo Membaca

v  Siswa membaca teks percakapan antara Beni bersama ayahnya (mengamati).

Ayo Menulis

v  Siswa menulis ungkapan maaf sesuai pengalaman masing-masing.

(Critical Thingking and Problem Solving)

Ayo Mencoba

1.     Siswa mempraktikkan ungkapan permintaan maaf secara berpasangan (mencoba).

150 menit

Penutup

Peserta Didik :

Ø  Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :        

Ø  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

A.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15  menit

C. PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui:

Kepala UPTD SD/MI .................,

 

 

 

NAMA KEPALA

NIP.  ...............................

 

 

Nama Kabupaten, …………………… 2022

Guru Kelas

 

 

 

NAMA GURU

NIP. ...............................

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  RPP 

 

Satuan Pendidikan             : SD/MI

Kelas / Semester                 :  2 /2

Tema                                     :  Pengalamanku (Tema 5)

Sub Tema                             :  Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke                 :  3

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan Dengan mengamati teks lagu “Burung Tantina”, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu “Burung Tantina” dengan benar.

2.     Dengam menyanyikan lagu “Burung Tantina”, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan benar.

3.     Dengan menyanyikan lagu “Burung Tantina”, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan benar.

4.     Dengan mengamati gambar Beni bersama kakaknya, siswa dapat menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan baik.

5.     Dengan menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.

6.     Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.

7.     Dengan mengamati gambar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

10 menit

Kegiatan

Inti

Ayo Bernyanyi

v  Siswa memperhatikan panjang pendek bunyi lagu.

v  Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Burung Tantina” berdasarkan arahan guru (mencoba). (Creativity and Innovation)

Ayo Mengamati

v  Siswa mengamati teks lagu “Burung Tantina” (mengamati).

v  Siswa mengamati sebuah gambar Beni yang bermain piano di dekat kakaknya belajar (mengamati). (Creativity and Innovation)

Ayo Menulis

v  Siswa menuliskan ungkapan permintaan maaf (mencoba).

v  Siswa mempraktikkan ungkapan permintaan maaf yang dibuatnya (mencoba).(Literasi)

Ayo Mengamati

v  Siswa mengamati gambar Beni bertanya tentang alat yang digunakan untuk mengukur panjang benda (mengamati).

v  Siswa membaca balon percakapan yang ada di samping gambar (mengamati).(Literasi)

Ayo Berlatih

1.     Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).

2.     Siswa lain menjawab pertanyaannya (menalar).

3.     Siswa membandingkan jawaban yang tertulis pada bukunya (mencoba).

(Critical Thingking and Problem Solving, Communication)

Ayo Mencoba

1.     Siswa menentukan alat ukur yang tepat digunakan untuk benda tertentu (mencoba).

2.     Siswa memberikan tanda centang () pada gambar yang sesuai (mencoba).

(Critical Thingking and Problem Solving)

Ayo Membaca

1.     Siswa mengamati gambar Beni bertanya tentang cara menggunakan meteran (mengamati).

2.     Siswa membaca balon cerita yang terdapat pada gambar (mengamati).

3.     Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamatinya (menanya).(Communication)

Ayo Berlatih

1.     Siswa mengamati hubungan satuan meter dengan sentimeter (mengamati).

2.     Siswa menghitung perubahan meter menjadi sentimeter (mencoba).

(Critical Thingking and Problem Solving)

150 menit

Penutup

Peserta Didik :

Ø  Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :        

Ø  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø  Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui:

Kepala UPTD SD/MI .................,

 

 

 

NAMA KEPALA

NIP.  ...............................

 

 

Nama Kabupaten, …………………… 2022

Guru Kelas

 

 

 

NAMA GURU

NIP. ...............................

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP 

   

Satuan Pendidikan             : SD/MI

Kelas / Semester                 :  2 /2

Tema                                     :  Pengalamanku (Tema 5)

Sub Tema                             :  Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke                 :  4

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat membedakan bentuk puisi dengan yang bukan puisi tentang alam dengan benar.

2.     Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan baik.

3.     Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan tepat.

4.     Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu “Lihat Kebunku” dengan benar.

5.     Dengan menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan tepat.

6.     Dengan menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan tepat.

7.     Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat membaca indah puisi anak berjudul " Taman Bungaku" tentang alam dengan benar.

8.     Dengan mendengarkan pembacaan puisi oleh temannya, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam dengan baik.

9.     Dengan mengamati gambar beserta balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.

10.   Dengan mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan perkakas di bengkel, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

10 menit

Kegiatan

Inti

Ayo Mengamati  (Sintak Model Discovery Learning)

v  Siswa mengamati gambar Beni membaca puisi tanpa menggunakan teks (mengamati).

v  Siswa mengamati teks percakapan antara Beni dengan kakaknya (mengamati).

Ayo Berdiskusi

v  Siswa mendiskusikan isi teks puisi (mengomunikasikan).

v  Siswa berdiskusi tentang menemukan kata yang belum dipahami (mengomunikasikan).

(Communication, Gotong Royong)

Ayo Mengamati

v  Siswa mengamati gambar keluarga Beni sedang gotong royong (mengamati).

v  Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya). (Communication)

Ayo Berlatih

v  Siswa membuat pertanyaan tentang gambar (menanya).

v  Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku (mengomunikasikan).

v  Siswa menjawab pertanyaan yang dibuat temannya (menalar).

v  Siswa membandingkan jawabannya dengan yang ditulis sebelumnya (menalar).

Ayo Bernyanyi

v  Siswa menyanyikan lagu “Lihat Kebunku” (mencoba). (Creativity and Innovation)

Ayo Menulis

v  Siswa menentukan panjang dan pendek nada lagu (menalar).

v  Siswa menentukan kuat dan lemah bunyi lagu (menalar).

v  Siswa menulisnya di dalam kolom yang sudah disediakan (mencoba). (Creativity and Innovation)

Ayo Membaca

v  Siswa mengamati teks puisi “Taman Bungaku” (mengamati).

v  Siswa membaca puisi berikutnya sendiri-sendiri di depan kelas (mencoba).

v  Siswa mengoreksi dengan memperhatikan penggunaan ekspresi, intonasi, dan lafal pembacaan puisi (mengomunikasikan). (Communication)

Ayo Menulis

v  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan puisi yang telah dibaca (menalar).

(Critical Thingking and Problem Solving)

Ayo Mengamati

v  Siswa mengamati gambar Beni bertanya sambil memegang jangka sorong (mengamati).

v  Siswa membaca balon percakapan pada gambar (mengamati).

v  Siswa bertanya jawab tentang jangka sorong (menanya). (Communication)

Ayo Berlatih

v  Siswa mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan benda perkakas di bengkel (mengamati).

v  Siswa bertanya jawab tentang benda tersebut (menanya).

v  Siswa menyebutkan nama benda pada gambar (mencoba).

v  Siswa menentukan gambar yang termasuk benda yang dapat diukur dengan jangka sorong (menalar). (Critical Thingking and Problem Solving)

150 menit

Penutup

B.    Kerjasama dengan Orang Tua

Siswa bersama orang tua, mendiskusikan tentang cara

menulis puisi. Dan bersama orantua, carilah contoh puisi tentang anak.. (Mandiri)

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :        

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

15    enit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui:

Kepala UPTD SD/MI .................,

 

 

 

NAMA KEPALA

NIP.  ...............................

 

 

Nama Kabupaten, …………………… 2022

Guru Kelas

 

 

 

NAMA GURU

NIP. ...............................


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP 

 

Satuan Pendidikan             : SD/MI

Kelas / Semester                 :  2 /2

Tema                                     :  Pengalamanku (Tema 5)

Sub Tema                             :  Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                  :  PPKn, Bahasa Indonesia, PJOK

Pembelajaran ke                 :  5

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.

2.     Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.

3.     Dengan mengamati teks “Burung Kutilang”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.

4.     Dengan mendengarkan temannya membaca indah puisi anak tentang alam, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan tepat.

5.     Dengan mengamati gambar Beni bergantungan, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas dengan baik.

6.     Dengan mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.

7.     Dengan mengamati gambar beberapa pilihan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan tepat.

8.     Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah dengan baik.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

10 menit

Kegiatan

Inti

Ayo Mengamati (Sintak Model Discovery Learning)

v  Siswa mendengarkan guru membacakan puisi berjudul “Burung Kutilang” (mengamati).

v  Siswa bertanya jawab tentang cara membaca puisi (menanya).(Communication)

Ayo Berlatih

v  Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).

v  Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku

v  Siswa saling menjawab pertanyaan (menalar).

Ayo Berdiskusi

v  Siswa berdiskusi bersama temannya (mengomunikasikan).

v  Siswa menulis hasil diskusinya di dalam kolom yang sudah disediakan (mencoba).

Ayo Membaca

v  Siswa membacakan puisi “Burung Kutilang” (mencoba).

v  Siswa mengomentari tentang penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi (mengomunikasikan). (Creativity and Innovation)

Ayo Mencoba

v  Siswa mencobakan gerakan bergantungan dengan tangan di bawah pengawasan guru Siswa mencobakan setiap gerak bergantung dengan tangan (mencoba).

(Critical Thingking and Problem Solving)

Ayo Bercerita

v  Siswa menceritakan pengalamannya melakukan gerak bergantung dengan tangan (mengomunikasikan). (Communication)

Ayo Berlatih

v  Siswa mengamati pilihan gambar yang menunjukkan sikap yang sesuaidengan sila kedua Pancasila (mengamati).

Ayo Mengamati

v  Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamati (menanya). (Communication)

Ayo Bercerita

v  Siswa menceritakan pengalamannya di depan kelas dalam menerapkan sikap yang sesuai dengan sila kedua Pancasila

150 menit

Penutup

16    Kerjasama dengan Orang Tua

Siswa bersama orang tua, mendiskusikan  contoh perilaku di rumah yang sesuai sila kedua Pancasila. (Mandiri)

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :        

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

15 menit

 

D.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui:

Kepala UPTD SD/MI .................,

 

 

 

NAMA KEPALA

NIP.  ...............................

 

Nama Kabupaten, …………………… 2022

Guru Kelas

 

 

 

NAMA GURU

NIP. ...............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP 

 

Satuan Pendidikan             : SD/MI

Kelas / Semester                 :  2 /2

Tema                                     :  Pengalamanku (Tema 5)

Sub Tema                             :  Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                  :  PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika

Pembelajaran ke                 :  6

Alokasi waktu                       :  1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan mengamati balon percakapan, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan tepat.

2.     Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila ketiga di rumah dengan baik.

3.     Dengan mendengarkan pembacaan puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi tersebut yang diperdengarkan dengan benar.

4.     Dengan menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi tersebut dengan tepat.

5.     Dengan menyanyikan lagu “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”, siswa dapat membaca indah puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan” (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.

6.     Dengan mendengarkan pembacaan puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan” oleh teman, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan” (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan benar.

7.     Dengan membaca puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar.

8.     Dengan memperhatikan teks pada balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.

9.    Dengan mengamati beberapa gambar tentang benda di sekitar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

v Melakukan pembukaan dengan salam, dilanjutkan dengan membaca doa (orientasi)

v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

10 menit

Kegiatan

Inti

Ayo Mengamati

v  Siswa mengamati gambar Beni bersama sepupunya mengintip di jendela (mengamati).

v  Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamatinya (menanya).(Communication)

Ayo Berlatih

v  Siswa bertanya tentang puisi yang disampaikan gurunya (menanya).

v  Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).

Ayo Membaca

v  Siswa membaca teks contoh sikap sila ketiga Pancasila

v  Siswa bertanya jawab tentang sikap lain yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (menanya). (Literasi, Critical Thingking adn Problem Solving)

Ayo Mencoba

v  Siswa menceritakan pengalamannya berkaitan dengan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila yang pernah dilakukannya (mengomunikasikan).

Ayo Mengamati

v  Siswa mengamati gambar Beni menerapkan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mengamati).

Ayo Mencoba

v  Siswa menyanyikan lagu “Tik Tik Tik Bunyi Hujan” bersama guru dengan teks berikut (mencoba).

v  Siswa memperhatikan cara membaca puisi yang dicontohkan guru (mengamati).

Ayo Berdiskusi

v  Siswa berdiskusi tentang makna kata yang terdapat di dalam puisi yang dibacakan guru (mengomunikasikan).

v  Siswa berdiskusi menentukan kata yang terdapat pada kartu huruf yang diacak (mengomunikasikan). (Gotong Royong, Communication)

Ayo Menulis (Sintak Model project based Learning)

v  Siswa menulis puisi yang berkaitan dengan alam menggunakan kata-katanya sendiri (

Ayo Berlatih

v  Siswa menentukan alat ukur yang dibutuhkan untuk mengukur panjang benda pada gambar (menalar).

150 menit

Penutup

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :        

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

15    enit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui:

Kepala UPTD SD/MI .................,

 

 

 

NAMA KEPALA

NIP.  ...............................

 

Nama Kabupaten, …………………… 2022

Guru Kelas

 

 

 

NAMA GURU

NIP. ...............................

 

No comments: