Monday, November 4, 2024

Contoh Modul Ajar Matematika Kelas 5 SD

Inilah contoh Modul Ajar Pelajaran Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum Merdeka


MODUL AJAR

BILANGAN CACAH SAMPAI 100.000

MATEMATIKA

KELAS V

OLEH: SARTIKA, S.Pd

 

 

Instansi:                                   : UPTD SD Negeri Merdeka

Tahun Pelajaran                       : 2024/2025

Mata Pelajaran                         : Matematika

Semester                                  : 1

Fase/Kelas                               : C/V

Alokasi Waktu                         : 2 JP ( 2 X 35 menit )

 

A.   KOMPETENSI AWAL

ü Siswa  dapat menyebutkan bilangan cacah sampai 100.000.

ü  Siswa dapat memahami nilai tempat suatu bilangan hingga 100.000.

ü  Siswa dapat memahami konsep penjumlahan dan pengurangan sederhana bilangan hingga 100.000.

 

B.   PROFIL PELAJAR PANCASILA

Ø  Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

Ø  Mandiri

Ø  Bernalar kritis

Ø  Bergotong royong

Ø  Kreatif

 

C.   MATERI AJAR

ü  Nilai tempat angka pada bilangan hingga 100.000.

ü  Membaca dan menulis bilangan hingga 100.000.

ü  Mengurutkan bilangan hingga 100.000.

ü  Menyusun bilangan dari nilai tempatnya dengan metode (PBL).

 

D.   BAHAN DAN MEDIA AJAR

§  Bahan ajar :

ü  Sumber belajar (Proyektor)

ü  Buku LKS

ü  LKPD

§  Media ajar :

ü  Gambar benda-benda konkret

ü  Kartu bilangan/ kertas angka

ü  Spidol

ü  Papan tulis

 

E.   TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik minimal 10 orang.

 

F.    MODEL PEMBELAJARAN

Pembelajaran tatap muka, ceramah dan diskusi kelompok dengan metode Project-Based Learning (PBL). Langkah-langkahnya sebagai berikut:

         Pencarian informasi: Peserta didik mencari informasi tentang nilai tempat dari berbagai sumber.

         Perencanaan: Peserta didik membaca kartu bilangan yang di buat.

         Pelaksanaan: Peserta didik membaca bilangan yang ditayangkan di proyektor.

         Refleksi: Diskusikan proses pembelajaran dan hasil yang didapat.

 

G.   STRATEGI PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI

1.      Pengelompokkan peserta didik:

         Peserta didik dibagi dalam kelompok berdasarkan tingkat kemampuan.

         Setiap kelompok mendapatkan tugas sesuai dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

2.      Tugas berbeda

         Kelompok A (Tingkat Dasar): Mengidentifikasi nilai tempat pada bilangan 50-100.

         Kelompok B (Tingkat Menengah): Mengerjakan soal nilai tempat pada bilangan 100-1.000.

         Kelompok C (Tingkat Lanjut): Membandingkan dan mengurutkan bilangan dari 1.000 sampai 100.000 berdasarkan nilai tempat.

 

H.   CAPAIAN DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Siswa mampu memahami konsep nilai tempat suatu bilangan hingga 100.000.

2.      Siswa  dapat membaca dan menulis bilangan hingga suatu bilangan hingga 100.000.

3.     Siswa dapat mengurutkan bilangan hingga ratusan dari yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya.

4.      Siswa dapat menyusun bilangan dari nilai tempatnya.

5.    Siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan bilangan cacah hingga 100.000

 

I.       PEMAHAMAN BERMAKNA

ü  Mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari.

ü  Meningkatkan kemampuan peserta didik tentang penyusunan angka suatu bilangan hingga 100.000.

ü  Menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

ü  Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi dan berkolaborasi.

 

J.      PERTANYAAN PEMANTIK

ü  Apa yang kalian ketahui tentang bilangan?

ü  Tuliskan bilangan "Dua Puluh Lima Ribu Seratus Dua Puluh Tiga" dalam bentuk angka.

ü  Sebutkan nilai tempat dari angka 7 pada bilangan 57.328.

ü  Berapakah hasil penjumlahan 50.000+2.000?


K.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

v  Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )

1.     Guru mengucapkan salam dan menyapa ke peserta didik.

2.  Siswa  melakukan do’a sebelum belajar (salah seorang peserta didik untuk memimpin do’a).

3. Semua Siswa menyanyikan salah satu lagu nasional/lagu Garuda Pancasila (untuk menciptakan rasa nasionalisme).

4.     Guru mencek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan kelengkapan dan peralatan yang diperlukan.

5.     Guru bersama Siswa  membahas tentang kesepakatan yang akan diterapkan dalam pembelajaran.

6.     Guru memotivasi Siswa  untuk bersemangat dalam proses pembelajaran.

7.     Guru menyampaikan capaian dan tujuan pembelajaran.

8.     Siswa  diingatkan kembali tentang pembelajaran yang terdahulu “tentang menuliskan lambang bilangan”.

 

v  Kegiatan Inti ( 50 menit )

1.      Guru memberikan pertanyaan pemantik :

ü  Apa yang kalian ketahui tentang bilangan?

ü  Tuliskan bilangan "Dua Puluh Lima Ribu Seratus Dua Puluh Tiga" dalam bentuk angka.

ü  Sebutkan nilai tempat dari angka 7 pada bilangan 57.328.

ü  Berapakah hasil penjumlahan 50.000+2.000?

2.      Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai materi “nilai tempat bilangan”.

3.      Guru menayangkan contoh bilangan sesuai dengan nilai tempatnya melalui proyektor.

4.      Guru menunjukkan kartu bilangan untuk dibaca oleh peserta didik.

5.      Siswak menuliskan bilangan di papan tulis yang sudah di bacakan oleh guru.

6.      Guru dan Siswa melakukan ice breaking. (Menyanyikan lagu Profil Pancasila)

7.      Guru membagi Siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4/5 orang.

8.      Siswa mendengarkan guru menjelaskan arahan untuk tugas kelompok.

9. Siswa berkelompok mendiskusikan untuk menuliskan bilangan hingga 100.000 berdasarkan nilai tempatnya.

10.  Guru berkeliling ke setiap kelompok untuk memberikan bimbingan dari masing-masing tugas.

11.   Tiap kelompok menyusun hasil karyanya dan mempresentasikannya ke depan kelas.

12.  Guru bersama peserta didik melakukan ice breaking. (tepuk semangat)

13.  Guru melakukan evaluasi dengan membagikan tugas LKPD ke Peserta didik yang di kerjakan secara individu.

 

 v  Kegiatan Penutup ( 10 menit )

1.    Siswa bersama guru meyimpulkan kegiatan yang telah di laksanakan secara kreatif yang dituliskan di papan tulis.

2.     Guru memberikan tugas membaca bilangan yang ada di papan tulis.

3.     Guru melakukan ice breaking (Sayonara).

4.     Siswa melakukan do’a di akhir pembelajaran.

 

L.    ASESMEN PENILAIAN

ü  Penilaian sikap: observasi selama kegiatan pembelajaran.

ü  Penilaian Pengetahuan/Sumatif : Tes tertulis (soal pilihan ganda dan isian singkat).

ü  Penilaian Keterampilan/Formatif : Presentasi hasil diskusi kelompok.

 

Instrumen Penilaian

No

Nama Siswa

Nilai

 (skala 0-100)

Predikat

Keterangan

1

Ahmad 

 

 

 

2

Azam

 

 

 

3

Bani

 

 

 

4

Chairil

 

 

 

5

Dina

 

 

 

6

Della

 

 

 

7

Eka

 

 

 

8

Eva

 

 

 

9

Muhamad

 

 

 

10

Muslihan

 

 

 



 

                        Mengetahui,                                                    Awangan,       Oktober 2024

                      Kepala Sekolah,                                                            Guru Kelas 5                                                                   

 

  ARIFUDDIN, S.Pd.SD                                        KARTIKA, S.Pd

            NIP. 19700200 199905 1 007                                 NIP. 20230022 20043020 2 055

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ( LKPD)

 

Nama                    :

Kelas                      : 5

Mapel                    : Matematika

Bab 1                     : Bilangan Cacah sampai 100.000

 

 

Kerjakan soal pilihan ganda di bawah ini dengan memilih antara a, b,atau c !

 

1.      Bilangan 11.630 dibaca ?

a.       Sebelas Enam Tiga puluh

b.      Seratus Tiga Puluh

c.       Seribu Seratus Enam Puluh

d.      Sebelas Ribu Enam Ratus Tiga Puluh

 

2.      Tulisan yang benar dari bilangan Dua Ribu Dua Puluh Satu ?

a.       2.021

b.      20.021

c.       2.001

d.      2.221

 

3.      Apa nilai tempat dari angka 5 pada bilangan 15.467 ?

a.       Puluhan

b.      Ratusan

c.       Ribuan

d.      Puluh Ribuan

4.      Apa nilai tempat dari angka 8 dari bilangan 23.780 ?

a.       Satuan

b.      Puluhan

c.       Ratusan

d.      Ribuan

 

5.      Apa nilai tempat dari angka 6 dari bilangan 30.846 ?

e.       Satuan

f.       Puluhan

g.      Ratusan

h.      Ribuan

 

 

 

LEMBAR KERJA DIFERENSIASI PESERTA DIDIK ( LKPD)

 

Mapel/Kelas          : Matematika/5

Kelompok              : A

      Nama Anggota      : 1.

                                      2.

                                      3.

                                      4.

                                      5.        

 

 

Isilah kotak yang kosong di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

 

 

NO

SOAL

JAWABAN

1.

2.000

+

10.000

12.000

2.

1.000

+

500

 

3.

500

+

500

 

4.

80

-

20

 

5.

95

-

90

 

 

 

            Kesimpulan :

  

LEMBAR KERJA DIFERENSIASI PESERTA DIDIK ( LKPD)

 

Mapel/Kelas          : Matematika/5

Kelompok              : B

      Nama Anggota      : 1.

                                      2.

                                      3.

                                      4.

                                      5.        

 

Isilah kotak yang kosong di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

NO

SOAL

JAWABAN

1.

2.000

+

20.000

22.000

2.

10.000

+

5.000

 

3.

5.000

+

500

 

4.

800

-

200

 

5.

450

-

300

 

 

                    Kesimpulan :

 

  

LEMBAR KERJA DIFERENSIASI PESERTA DIDIK ( LKPD)

 

Mapel/Kelas          : Matematika/5

Kelompok              : C

      Nama Anggota      : 1.

                                      2.

                                      3.

                                      4.

                                      5.        

 

Isilah kotak yang kosong di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

 

NO

SOAL

JAWABAN

1.

2.020

+

10.000

12.020

2.

15.000

+

5.000

 

3.

5.500

+

500

 

4.

8.000

-

2.000

 

5.

7.000

-

500

 

 

                     Kesimpulan :

 

 

BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

 

Komposisi bilangan dan penggunaan istilah satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan puluh ribuan.

 

Untuk memperdalam pemahaman tentang nilai tempat bilangan, sebaiknya dilakukan sambil membandingkannya dengan bagan nilai tempat.

Saat itu, diharapkan peserta didik dapat mengetahui bahwa pada bilangan 12.435, 5 adalah satuan, 3 adalah puluhan, 4 adalah ratusan, 2 adalah ribuan, dan 1 adalah puluh ribuan

Agar anak terbiasa dengan nilai tempat bilangan serta istilah satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan puluh ribuan, anak diberikan LKPD.

 

Agar anak terbiasa dengan terbiasa dengan penjumlahan dan pengurangan maka anak diberikan LKPD perkelompok.

 

Keuntungan menuliskan bilangan menggunakan lambang bilangan.

 

Keuntungan menuliskan bilangan menggunakan lambang bilangan adalah sebagai berikut.

 

1) Semua bilangan bulat atau pecahan dapat dinyatakan dengan menggunakan 10 angka, yaitu angka 0 sampai 9.

Cara menyatakan bilangan dengan kata-kata memang mudah dibaca, tetapi semakin besar bilangan, semakin banyak pula kata yang dibutuhkan untuk mewakili angka yang baru, sehingga kalimatnya semakin panjang.

Dengan menuliskan lambang bilangannya, nilai tempat bilangan dapat diketahui dari posisi angka-angka penyusunnya, dan nilai bilangan tersebut dapat terlihat langsung berdasarkan angka-angka penyusunnya.

 

2) Mudah untuk membandingkan bilangan.

Untuk lebih mudah memahami perbandingan cara menyatakan bilangan dengan kata-kata dan dengan lambang bilangan.

 

Keuntungan menyatakan bilangan menggunakan lambang bilangan.

 

v  Pemahaman komposisi numerik (menuliskan bilangan dengan angka) merupakan hal yang cukup sulit bagi anak-anak. Oleh karena itu, hindari belajar hanya dengan angka abstrak, tetapi berikan pula kegiatan menggunakan benda semi konkret yaitu menggunakan kartu bilangan dan bagan nilai tempat.

 

v  Khususnya bagi anak yang cenderung terlambat mencerna pembelajaran, perbanyak kegiatan pengoperasian seperti mengelompokkan kartu bilangan menjadi puluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan, kemudian menuliskannya pada kertas/kartu bilangan. (Lihat gambar kartu di bawah ini).


MEDIA PEMBELAJARAN




No comments: