BILANGAN CACAH SAMPAI
100.000
MATEMATIKA
KELAS V
OLEH: SARTIKA, S.Pd
Instansi: :
UPTD SD Negeri Merdeka
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Mata Pelajaran :
Matematika
Semester :
1
Fase/Kelas : C/V
Alokasi Waktu : 2 JP ( 2 X 35 menit )
A.
KOMPETENSI AWAL
ü Siswa dapat menyebutkan bilangan cacah sampai 100.000.
ü
Siswa dapat memahami nilai tempat suatu bilangan hingga 100.000.
ü
Siswa dapat memahami konsep
penjumlahan dan pengurangan sederhana bilangan hingga 100.000.
B.
PROFIL PELAJAR PANCASILA
Ø
Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
berakhlak mulia.
Ø
Mandiri
Ø
Bernalar kritis
Ø
Bergotong royong
Ø
Kreatif
C.
MATERI AJAR
ü
Nilai tempat angka
pada bilangan hingga 100.000.
ü
Membaca dan menulis bilangan hingga 100.000.
ü
Mengurutkan bilangan hingga 100.000.
ü
Menyusun bilangan dari nilai tempatnya dengan metode (PBL).
D.
BAHAN DAN MEDIA AJAR
§
Bahan ajar :
ü
Sumber belajar (Proyektor)
ü
Buku LKS
ü
LKPD
§
Media ajar :
ü
Gambar benda-benda konkret
ü
Kartu bilangan/ kertas angka
ü
Spidol
ü
Papan tulis
E. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta
didik minimal 10 orang.
F.
MODEL PEMBELAJARAN
Pembelajaran tatap muka, ceramah dan diskusi kelompok
dengan metode Project-Based Learning (PBL). Langkah-langkahnya sebagai berikut:
•
Pencarian informasi: Peserta didik mencari informasi
tentang nilai tempat dari berbagai sumber.
•
Perencanaan: Peserta didik membaca kartu bilangan yang di buat.
•
Pelaksanaan: Peserta didik membaca bilangan yang ditayangkan di proyektor.
•
Refleksi: Diskusikan proses pembelajaran dan hasil yang
didapat.
G.
STRATEGI PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI
1.
Pengelompokkan peserta didik:
•
Peserta didik dibagi dalam kelompok berdasarkan tingkat
kemampuan.
•
Setiap kelompok mendapatkan tugas sesuai dengan tingkat
kesulitan yang berbeda.
2.
Tugas berbeda
•
Kelompok A (Tingkat Dasar): Mengidentifikasi nilai tempat
pada bilangan 50-100.
•
Kelompok B (Tingkat Menengah): Mengerjakan soal nilai
tempat pada bilangan 100-1.000.
•
Kelompok C (Tingkat Lanjut): Membandingkan dan
mengurutkan bilangan dari 1.000 sampai 100.000 berdasarkan nilai tempat.
H.
CAPAIAN DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu memahami konsep nilai tempat suatu
bilangan hingga 100.000.
2. Siswa dapat membaca dan menulis bilangan hingga suatu
bilangan hingga 100.000.
3. Siswa dapat mengurutkan bilangan hingga ratusan
dari yang terkecil sampai terbesar atau sebaliknya.
4. Siswa dapat menyusun bilangan dari nilai
tempatnya.
5. Siswa dapat menjumlahkan dan mengurangkan bilangan cacah hingga 100.000
I. PEMAHAMAN BERMAKNA
ü
Mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari.
ü
Meningkatkan kemampuan peserta didik tentang penyusunan angka suatu bilangan hingga 100.000.
ü
Menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan
interaktif.
ü
Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
berdiskusi dan berkolaborasi.
J. PERTANYAAN PEMANTIK
ü
Apa yang kalian ketahui tentang bilangan?
ü
Tuliskan bilangan "Dua Puluh Lima Ribu Seratus Dua
Puluh Tiga" dalam bentuk angka.
ü Sebutkan nilai tempat dari angka 7 pada bilangan 57.328.
ü Berapakah hasil penjumlahan 50.000+2.000?
K. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
v
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1.
Guru mengucapkan salam dan menyapa ke peserta didik.
2. Siswa melakukan do’a sebelum belajar (salah
seorang peserta didik untuk memimpin do’a).
3. Semua Siswa menyanyikan salah satu lagu nasional/lagu
Garuda Pancasila (untuk menciptakan rasa nasionalisme).
4.
Guru mencek kehadiran peserta didik dan meminta peserta
didik untuk mempersiapkan kelengkapan dan peralatan yang diperlukan.
5.
Guru bersama Siswa membahas tentang kesepakatan
yang akan diterapkan dalam pembelajaran.
6.
Guru memotivasi Siswa untuk bersemangat dalam
proses pembelajaran.
7.
Guru menyampaikan capaian dan tujuan pembelajaran.
8. Siswa diingatkan kembali tentang pembelajaran
yang terdahulu “tentang menuliskan lambang bilangan”.
v
Kegiatan Inti ( 50 menit )
1.
Guru memberikan pertanyaan pemantik :
ü
Apa yang kalian ketahui tentang bilangan?
ü
Tuliskan bilangan "Dua Puluh Lima Ribu Seratus Dua
Puluh Tiga" dalam bentuk angka.
ü Sebutkan nilai tempat dari angka 7 pada bilangan 57.328.
ü Berapakah hasil penjumlahan 50.000+2.000?
2. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai materi “nilai tempat bilangan”.
3. Guru menayangkan contoh bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
melalui proyektor.
4. Guru menunjukkan kartu bilangan untuk dibaca
oleh peserta didik.
5. Siswak menuliskan
bilangan di papan tulis yang sudah di bacakan oleh guru.
6. Guru dan Siswa melakukan ice breaking. (Menyanyikan
lagu Profil Pancasila)
7. Guru membagi Siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4/5 orang.
8. Siswa mendengarkan guru menjelaskan arahan untuk tugas kelompok.
9. Siswa berkelompok mendiskusikan untuk menuliskan
bilangan hingga 100.000 berdasarkan nilai tempatnya.
10. Guru berkeliling ke
setiap kelompok untuk memberikan bimbingan dari masing-masing tugas.
11. Tiap kelompok menyusun hasil karyanya dan
mempresentasikannya ke depan kelas.
12. Guru bersama
peserta didik melakukan ice breaking. (tepuk semangat)
13. Guru melakukan
evaluasi dengan membagikan tugas LKPD ke Peserta didik yang di kerjakan secara
individu.
1. Siswa bersama
guru meyimpulkan kegiatan yang telah di laksanakan secara kreatif yang
dituliskan di papan tulis.
2. Guru memberikan
tugas membaca bilangan yang ada di papan
tulis.
3. Guru melakukan ice breaking
(Sayonara).
4. Siswa melakukan do’a di akhir
pembelajaran.
L.
ASESMEN PENILAIAN
ü
Penilaian sikap: observasi selama kegiatan pembelajaran.
ü
Penilaian Pengetahuan/Sumatif : Tes tertulis (soal
pilihan ganda dan isian singkat).
ü
Penilaian Keterampilan/Formatif : Presentasi hasil
diskusi kelompok.
Instrumen
Penilaian
No |
Nama Siswa |
Nilai (skala 0-100) |
Predikat |
Keterangan |
1 |
Ahmad |
|
|
|
2 |
Azam |
|
|
|
3 |
Bani |
|
|
|
4 |
Chairil |
|
|
|
5 |
Dina |
|
|
|
6 |
Della |
|
|
|
7 |
Eka |
|
|
|
8 |
Eva |
|
|
|
9 |
Muhamad |
|
|
|
10 |
Muslihan |
|
|
|
|
Mengetahui, Awangan,
Oktober 2024
Kepala Sekolah, Guru
Kelas 5
ARIFUDDIN, S.Pd.SD KARTIKA, S.Pd
NIP. 19700200
199905 1 007 NIP.
20230022 20043020 2 055
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ( LKPD)
Nama :
Kelas :
5
Mapel : Matematika
Bab 1 :
Bilangan Cacah sampai 100.000
Kerjakan soal pilihan ganda di bawah ini dengan memilih
antara a, b,atau c !
1. Bilangan 11.630 dibaca ?
a. Sebelas Enam Tiga puluh
b. Seratus Tiga Puluh
c. Seribu Seratus Enam Puluh
d. Sebelas Ribu Enam
Ratus Tiga Puluh
2. Tulisan yang benar dari bilangan Dua Ribu Dua Puluh Satu ?
a. 2.021
b. 20.021
c. 2.001
d. 2.221
3. Apa nilai tempat dari angka 5 pada bilangan 15.467 ?
a. Puluhan
b. Ratusan
c. Ribuan
d. Puluh Ribuan
4. Apa nilai tempat dari angka 8 dari bilangan 23.780 ?
a. Satuan
b. Puluhan
c. Ratusan
d. Ribuan
5. Apa nilai tempat dari angka 6 dari bilangan 30.846 ?
e. Satuan
f. Puluhan
g. Ratusan
h. Ribuan
LEMBAR KERJA DIFERENSIASI PESERTA DIDIK ( LKPD)
Mapel/Kelas : Matematika/5
Kelompok :
A
Nama Anggota :
1.
2.
3.
4.
5.
Isilah kotak yang kosong
di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
NO |
SOAL |
JAWABAN |
||
1.
|
2.000
|
+
|
10.000
|
12.000
|
2.
|
1.000
|
+
|
500
|
|
3.
|
500
|
+
|
500
|
|
4.
|
80
|
-
|
20
|
|
5.
|
95
|
-
|
90
|
|
Kesimpulan
:
LEMBAR KERJA DIFERENSIASI PESERTA DIDIK ( LKPD)
Mapel/Kelas : Matematika/5
Kelompok :
B
Nama Anggota :
1.
2.
3.
4.
5.
Isilah kotak yang kosong
di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
NO |
SOAL |
JAWABAN |
||
1.
|
2.000
|
+
|
20.000
|
22.000
|
2.
|
10.000
|
+
|
5.000
|
|
3.
|
5.000
|
+
|
500
|
|
4.
|
800
|
-
|
200
|
|
5.
|
450
|
-
|
300
|
|
Kesimpulan :
LEMBAR KERJA DIFERENSIASI PESERTA DIDIK ( LKPD)
Mapel/Kelas : Matematika/5
Kelompok :
C
Nama Anggota :
1.
2.
3.
4.
5.
Isilah kotak yang kosong
di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
NO |
SOAL |
JAWABAN |
||
1.
|
2.020
|
+
|
10.000
|
12.020
|
2.
|
15.000
|
+
|
5.000
|
|
3.
|
5.500
|
+
|
500
|
|
4.
|
8.000
|
-
|
2.000
|
|
5.
|
7.000
|
-
|
500
|
|
Kesimpulan :
BAHAN
BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Komposisi bilangan dan penggunaan
istilah satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan puluh ribuan.
Untuk
memperdalam pemahaman tentang nilai tempat bilangan, sebaiknya dilakukan sambil
membandingkannya dengan bagan nilai tempat.
Saat itu, diharapkan peserta didik
dapat mengetahui bahwa pada bilangan 12.435, 5 adalah satuan, 3 adalah puluhan,
4 adalah ratusan, 2 adalah ribuan, dan 1 adalah puluh ribuan
Agar
anak terbiasa dengan nilai tempat bilangan serta istilah satuan, puluhan, ratusan,
ribuan, dan puluh ribuan, anak diberikan LKPD.
Agar
anak terbiasa dengan terbiasa dengan penjumlahan dan pengurangan maka anak
diberikan LKPD perkelompok.
Keuntungan menuliskan
bilangan menggunakan lambang bilangan.
Keuntungan
menuliskan bilangan menggunakan lambang bilangan adalah sebagai berikut.
1) Semua bilangan bulat atau
pecahan dapat dinyatakan dengan menggunakan 10 angka, yaitu angka 0 sampai 9.
Cara menyatakan bilangan dengan
kata-kata memang mudah dibaca, tetapi semakin besar bilangan, semakin banyak
pula kata yang dibutuhkan untuk mewakili angka yang baru, sehingga kalimatnya
semakin panjang.
Dengan menuliskan lambang
bilangannya, nilai tempat bilangan dapat diketahui dari posisi angka-angka
penyusunnya, dan nilai bilangan tersebut dapat terlihat langsung berdasarkan
angka-angka penyusunnya.
2) Mudah untuk membandingkan
bilangan.
Untuk lebih mudah memahami
perbandingan cara menyatakan bilangan dengan kata-kata dan dengan lambang
bilangan.
Keuntungan menyatakan
bilangan menggunakan lambang bilangan.
v
Pemahaman
komposisi numerik (menuliskan bilangan dengan angka) merupakan hal yang cukup
sulit bagi anak-anak. Oleh karena itu, hindari belajar hanya dengan angka
abstrak, tetapi berikan pula kegiatan menggunakan benda semi konkret yaitu
menggunakan kartu bilangan dan bagan nilai tempat.
v Khususnya bagi anak yang cenderung
terlambat mencerna pembelajaran, perbanyak kegiatan pengoperasian seperti
mengelompokkan kartu bilangan menjadi puluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan,
dan satuan, kemudian menuliskannya pada kertas/kartu bilangan. (Lihat gambar
kartu di bawah ini).
MEDIA PEMBELAJARAN
No comments:
Post a Comment