RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 2 /2
Tema : Pengalamanku
(Tema 5)
Sub Tema : Pengalamanku di Rumah (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat
mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai
cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan
ungkapan santun menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan
dengan benar.
3.
Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal
satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.
Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih
alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
5.
Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat
dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar.
6.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang dan
pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7.
Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat
memainkan pola irama sederhana
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v Melakukan Pembukaan dengan
Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) v Mengaitkan Materi
Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan
pengalaman peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak
Model Discovery Learning) Ayo
Mengamati ·
Siswa mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya Ayo
Mengamati ·
Siswa mengajukan pertanyaan menggunakan kata tanya siapa,
mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati
(menanya). ·
Siswa lain diminta menjawab pertanyaan yang diajukan
(menanya). (Mandiri) Ayo
Menulis ·
Siswa bertanya jawab tentang isi teks percakapan (menanya). ·
Siswa menyebutkan beberapa isi teks percakapan yang
diketahuiny (mengomunikasikan). Ayo
Berlatih ·
Siswa mengamati gambar “Beni meminta maaf kepada ibunya”
(mengamati). ·
Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya). Ayo
Mengamati ·
Siswa mengamati gambar jam dinding (mengamati). ·
Siswa bertanya jawab tentang gambar jam dinding (menanya). Ayo
Mencoba ·
Siswa sudah mengetahui cara mengukur benda menggunakan
penggaris (menalar). ·
Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di
sekitar (menalar). ·
Siswa mengukur minimal lima benda (mencoba). ·
Siswa menulis nama benda yang diukurnya di dalam kolom yang
disediakan (mencoba). ·
Siswa menulis panjang benda yang diukurnya dengan satuan cm
(mencoba). Ayo
Berlatih ·
Siswa mengamati gambar berbagai jenis benda (mengamati). ·
Siswa menentukan benda yang dapat diukur dengan penggaris
(mencoba). Ayo
Bernyanyi ·
Siswa membaca teks lagu “Pelangi-Pelangi” (mengamati). ·
Siswa menyanyikan lagu “Pelangi-Pelangi” (mencoba). ·
Siswa bertanya jawab tentang tekanan nada (menanya). ·
(mengamati). (Creativity
and Innovation) Ayo
Berdiskusi ·
Siswa berdiskusi menentukan tekanan kuat dan lemah pada
pola irama sederhana (mengomunikasikan). ·
Siswa berdiskusi menentukan panjang dan pendek bunyi pada
pola irama sederhana (mengomunikasikan). |
150 menit |
Penutup |
Kerjasama dengan Orang Tua Peserta
Didik : Ø
Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø
Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Ø
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi hadiah/ pujian |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui: Kepala
UPTD SD/MI ................., NAMA KEPALA NIP. |
|
Nama Kabupaten, …………………… 2022 Guru
Kelas NAMA GURU NIP.
............................... |