Friday, July 12, 2019

SILABUS Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 3 Semester 1


SILABUS

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/1
Standar Kompetensi : Makhluk hidup dan proses kehidupan.
1. Memahami cirri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
Benda dan sifatnaya.
3. Memahami sifat-sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari



KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR
KEGIATAN BELAJAR
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN
PENILAIAN

1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup


















          Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
































Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi tumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)






Ciri-ciri makhluk hidup dan kebutuhannya






Kebutuhan makhluk hidup



Penggolongan hewan






Penggolongan tumbuhan

































Perubahan pada makhluk hidup















•     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
•     Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan cirri-cirinya



•     Menjelaskan akan kebutuhan manusia,hewan, dan tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya

•     Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya dan contohnya





•     Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan makanan beserta contohnya
•     Menyebutkan penggolongan hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya
•     Menjelaskan cirri-ciri hewan sesuai dengan golongannya

•     Menyebutkan penggolongan tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya dan contohnya
•     Menyebutkan penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daunnya
•     Menyebutkan penggolongan tumbuhan berdasarkan akar
•     Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan sesuai dengan penggolongannya

•     Mengidentifikasi perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar
•     Menafsirkan berdasarkan pengukuran bahwa pertambahan tinggi dan berat badan menunjukkan adanya pertumbuhan






•      Mengamati makhluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan, hewan di sekitar sekolah dan teman sekelas
•      Mengumpulkan benda-benda di sekitar sekolah seperti batu, kayu, buku, meja.
•      Membandingkan cirri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup

•      Menjelaskan bahwan makhluk hidup mempunyai kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya
•      Mendiskusikan kebutuhan maklhuk hidup
•      Mengamati bermacam-macam gambar hewan
•      Mengelompokkan  hewan-hewan yang memiliki kesamaan makanan, cara berkembangbiaknya ataupun tempat tinggalnya


•      Menyimpulkan bahwa hewan dapat digolongkan berdasarkan tempat tinggalnya, makanannya, atau cara berkembangbiaknya
•      Melakukan tanya jawab tentang cirri-ciri hewan berdasarkan penggolongannya 


•      Mengumpulkan bermacam-macam tanaman
•      Pengamatan terhadap macam-macam tanaman misalnya mengamati bentuk daun, batang, akar, bunga, dan lain-lain
•      Mengelompokkan tanaman-tanaman yang memiliki kesamaan, misal berdasarkan bentuk daun, akar,batang
•      Melakukan tanya jawab tentang cirri-ciri tumbuhan berdasarkan penggolongannya
•      Menyimpulkan bahwa tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki










•      Mengamati gambar pertumbuhan manusia.
•      Mendiskusikan bahwa bertambahnya tinggi badan, bertambahnya berat badan merupakan selah satu cirri pertumbuhan makhluk hidup
•      Mendiskusikan beberapa perubahan yang dapat diamati selama makhluk hidup mengalami pertumbuhan
•      Mendiskusikan factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
•      Tanya jawab tentang bahwa makanan sangat penting bagi pertumbuhan
•      Menjelaskan bahwa rekreasi, istirahat, olahraga penting bagi pertumbuhan.


.... JP








.... JP




.... JP







.... JP








.... JP

Buku IPA MI kelas 3

Lingkungan sekitar




Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekolah

Buku IPA MI kelas 3
Gambar bermacam-macam hewan


Buku IPA MI kelas 3
Bermacam-macam tanaman




Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekitar
Gambar pertumbuhan manusia



















Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekitar
Gambar pertumbuhan manusia










Tertulis
Perbuatan







Tertulis




Tertulis
Unjuk kerja






Tertulis
Unjuk kerja







Tertulis
Lesan
2.1   Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
•     Menyebutkan cirri-ciri lingkungan sehat
•     Menyebutkan cirri-ciri lingkungan tidak sehat
•     Membedakan kondisi
•     lingkungan sehat dengan lingkungan yang tidak sehat
•     Menjelaskan pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
•     Mengidentifikasi lingkungan yang baik bagi kesehatan
•     Menjelaskan ciri rumah yang sehat
•      Siswa mengamati lingkungan di sekitar sekolah yang menunjukkan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
•      Mencatat hasil pengamatan tentang cirri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
•      Menyimpulkan hasil pengamatan tentang perbedaan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
•      Menjelaskan bahwa lingkungan berpengaruh terhadap kesehatan
•      Mendiskusikan hal-hal yang harus ada dalam rumah sehat.

... JP
Buku IPA MI kelas 3 Lingkungan sekitar sekolah


Tertulis
Perbuatan


2.2   Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
Lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
•      Mendiskusikan hal-hal yang yang harus dilakukan agar lingkungan sehat (misalnya : menanami tumbuhan, membuang sampah di tempatnya)
.... JP
Buku IPA MI kelas 3

Lisan
Perbuatan


2.3   Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
Cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
•     Menjelaskan cara yang dapat dilakukan agar lingkungan sehat
•     Memberi contoh kegiatan nyata untuk memelihara kesehatan lingkungan
•     Membuat laporan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
•     Menanamkan  pemahaman bahwa setiap orang memiliki kewajiban untuk selalu memelihara kesehatan lingkungan
.... JP
Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekitar
Tertulis
Perbuatan
Unjuk kerja
3.1 M    engidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputu benda padat, cair dan gas
Sifat-sifat benda padat, cair, dan gas
•     Menyebutkan jenis-jenis benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
•     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
•     Membedakan sifat benda padat, cair, dan gas
•     Membuat daftar benda-benda yang termasuk padat, cair  atau gas
•     Menyediakan benda-benda padat dan cair misalnya air, minyak goreng, sirop, minyak tanah, kapur, pasir, batu
•     Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat benda padat, cair,dan gas
•     Menarik kesimpulan dari hasil percobaan tentang sifat-sifat benda padat, cair dan gas
.... JP
Buku IPA MI kelas 3
Bend-benda cair
Benda-benda padat

Tertulis
Perbuatan


3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna atau rasa ) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka

Perubahan sifat benda


•     enjelaskan bentuk-bentuk perubahan sifat benda
•     enjelaskan hal-halyang dapat menyebabkan terjadinya pwerubahan sifat benda


•     enyediakan benda-benda yang akan diamati perubahan sifat misalnya tanah liat, kertas, apel, plastik, es batu, kayu
•     iswa mengamati dan mencatat sifat benda sebelum mengalami perubahan


•     Melakukan percobaan untuk menyelidiki hal yang menyebabkan terjadinya perubahan missal dibakar, dijemur, lbiarkan terbuka, erta perubahan yang terjadi
•     Mencatat hasil pengamatan dan mengambil kesimpulan
.... JP
Buku IPA MI kelas 3
kelas 3
Alat-alat percobaan

Tertulis
Perbuatan
Unjuk kerja


3.3   Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas
Sifat benda dan kegunaannya
•     Mengidentifikasi sifat-sifat benda ( plastic, kayu, kaca, dan kertas)
•     Menjelaskan kegunaan benda-benda (plastic, kayu, kaca dan kertas) yang disesuaikan dengan sifatnya
•     Membuat daftar benda- benda yang banyak digunakan di rumah/sekolah yang terbuat dari plastic, kaca,kayu,dan kertas
•     Melakukan diskusi mengapa benda-benda tersebut terbuat dari bahan-bahan tertentu misalnya gelas dari kaca, meja dari kayu, ember dari plastic, buku dari kertas
•     Mendiskusikan hubungan sifat-sifat bahan dengan kegunaannya
.... JP
Buku IPA MI kelas 3
Alat-alat percobaan
Tertulis
Unjuk kerja








SILABUS


Mata Pelajaran           :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          :     III/2
Standar Kompetensi   :     Energi dan perubahannya.
4.     Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi, dan sumber energi.
5.     Menerapkan konsep energi gerak.
Bumi dan alam semesta.
6.     Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam.


KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR
KEGIATAN BELAJAR
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHAN
PENILAIAN

4.1   Menyimpul-kan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran










Gerak benda
















•   Menyebutkan berbagai macam gerak gerak benda berdasarkan pengamatan
•   Menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi gerak benda
•   Menyebutkan kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari









•   Melakukan percobaan untuk menyelidiki gerak-gerak benda pada bola, batu, helikopter kertas, air, kaleng susu,dsb
•   Menuliskan gerakan setiap benda misalnya gerak bola memggelinding dan memantul, gerak batu jatuh ke bawah
•   Mendiskusikan hubungan gerak benda dengan gunanya missal gerak bola menggelinding dengan roda pada kaki lemari
•   Menulis laporan tentang benda-benda yang memanfaatkan gerak benda

•   Penjelasan tentang energi panas dan sumber energi panas serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari melalui praktik mengeringkan kain yang basah

…. JP




















Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekitar












Tertulis
Perbuatan











4.2   Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari

Energi dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari

•      Menyebutkan bentuk-bentuk energi
•      Menunjukkan adanya pengaruh energi panas dalam kehidupan sehari-hari
•      Menunjukkan adanya pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari
•      Menjelaskan bahwa getaran menimbulkan bunyi dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari

•      Penjelasan tentang pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari melalui pengamatan terhadap kipas angin
•      enyelidiki bahwa getaran menimbulkan bunyi melalui praktik
•      Mendiskusikan pengaruh bunyi dalam kehidupan sehari-hari

... JP
Buku IPA MI
Tertulis
4.3   Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya

Sumber energi dan kegunaannya

•      Menyebutkan sumber-sumber energi
•      Memberikan contoh penggunaan berbagai macam sumber energi dalam kehidupan sehari-hari
•      Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi

•      Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
•      Bertanya jawab tentang penggunaan berbagai macam sumber energi dalam kehidupan sehari-hari misalnya sinar matahari berguna untuk mengeringkan pakaian, pembangkit listrik.
…. JP
Buku IPA MI
Tertulis
5.1   Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi gerak


Penerapan konsep energi gerak


•      Membuat kincir angin
•      enyusun laporan tentang cara kerja kincir angin
•      Menyediakan alat dan bahan untuk menbuat kincir angin
•      Mempraktikkan membuat kincir angin
•      Menyelidiki bahwa kincir bergerak karena adanya perubahan dari energi angin menjadi gerak
•      Melaporkan hasil penyelidikan tentang energi angin dapat berubah menjadi energi gerak

.... JP
Buku IPA MI
Unjuk kerja
5.2   Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Penghematan energi
•      Memberi contoh penerapan cara menghemat energi di rumah atau di sekolah


•      Melakukan tanya jawab tentang sumber-sumber energi
•      Mendiskusikan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
•      Penjelasan bahwa hemat energi harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
... JP
Buku IPA MI
Tertulis

6.1   Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar





Penampakan permukaan bumi





•      Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan perairan )
•      Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
•      Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak rata

•      Mengamati globe atau peta dunia
•      Menjelaskan arti warna pada globe atau peta misalnya warna biru menggambarkan laut, warna coklat menggambarkan gunung dan pegunungan
•      Tanya jawab mengenai permukaan bumi yang tidak rata berdasarkan pengamatan terhadap globe atau peta

… JP

Buku IPA MI

Tertulis
Perbuatan
6.2   Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca


Cuaca



•      Menyebutkan keadaan cuaca missal berawan, cerah, panas , dingin, hujan
•      Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
•      Menggambarkan secara sederhana simbol yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
•      Siswa mengamati keadaan langit
•      Menuliskan keadaan langit saat itu
•      Menceritakan untuk meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi
•      Memberi contoh simbol-simbol yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
... JP
Buku IPA MI
Tertulis
Lisan
6.3   Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
Cuaca dan pengaruhnya bagi manusia



•      Menyebutkan kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
•      Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan cuaca

•      Mendiskusikan kegiatan manusia yang mengandalkan pada hujan atau panas, misalnya menanam padi di musim hujan, membuat batu bata di musim panas
•      Melakukan tanya jawab tentang pakaian yang dikenakan siswa ketika dingin, ketika panas, atau ketika olah raga
•      Menyimpulkan bahwa cuaca mempengaruhi kegiatan manusia serta pakaian yang dikenakannya
.... JP
Buku IPA MI
Tertulis
6.4   Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
•      Menjelaskan contoh sumber daya alam dan kegunaannya
•      Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam
•      Memperhatikan gambar tentang lingkungan yang rusak akibat penambangan pasir
•      Siswa menanggapi secara lisan isi gambar
•      Menjelaskan pengertian dari sumber daya alam
…. JP
Buku IPA MI
tertulis
•      Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan / pelestarian
•      Menjelaskan tindakan yang dapat merusak lingkunhgan
•      Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan
•      Tanya jawab tentang contoh-contoh sumber daya alam dan kegunaannya
•      Mendiskusikan tentang perilaku yang merusak lingkungan dan perilaku yang peduli terhadap lingkungan
.... JP
Buku IPA MI
Lisan

No comments: