SILABUS
Kelas/Semester : III/1
Standar Kompetensi : Makhluk hidup dan proses kehidupan.
1. Memahami cirri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
Benda dan sifatnaya.
3. Memahami sifat-sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN BELAJAR
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BAHAN
|
PENILAIAN
|
1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup
dan hal-hal yang mempengaruhi tumbuhan dan perkembangan anak (makanan,
kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
|
Ciri-ciri makhluk hidup dan
kebutuhannya
Kebutuhan makhluk hidup
Penggolongan hewan
Penggolongan tumbuhan
Perubahan pada makhluk hidup
|
• Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
• Membedakan
antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan cirri-cirinya
• Menjelaskan
akan kebutuhan manusia,hewan, dan tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya
• Menyebutkan
penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya dan contohnya
• Menyebutkan
penggolongan hewan berdasarkan makanan beserta contohnya
• Menyebutkan
penggolongan hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya
• Menjelaskan
cirri-ciri hewan sesuai dengan golongannya
• Menyebutkan
penggolongan tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya dan contohnya
• Menyebutkan
penggolongan tumbuhan berdasarkan bentuk tulang daunnya
• Menyebutkan
penggolongan tumbuhan berdasarkan akar
• Menjelaskan
cirri-ciri tumbuhan sesuai dengan penggolongannya
• Mengidentifikasi
perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar
• Menafsirkan
berdasarkan pengukuran bahwa pertambahan tinggi dan berat badan menunjukkan
adanya pertumbuhan
|
• Mengamati
makhluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan, hewan di sekitar sekolah dan teman
sekelas
• Mengumpulkan
benda-benda di sekitar sekolah seperti batu, kayu, buku, meja.
• Membandingkan
cirri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
• Menjelaskan
bahwan makhluk hidup mempunyai kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya
• Mendiskusikan
kebutuhan maklhuk hidup
• Mengamati
bermacam-macam gambar hewan
• Mengelompokkan hewan-hewan
yang memiliki kesamaan makanan, cara berkembangbiaknya ataupun tempat
tinggalnya
• Menyimpulkan
bahwa hewan dapat digolongkan berdasarkan tempat tinggalnya, makanannya, atau
cara berkembangbiaknya
• Melakukan
tanya jawab tentang cirri-ciri hewan berdasarkan penggolongannya
• Mengumpulkan
bermacam-macam tanaman
• Pengamatan
terhadap macam-macam tanaman misalnya mengamati bentuk daun, batang, akar,
bunga, dan lain-lain
• Mengelompokkan
tanaman-tanaman yang memiliki kesamaan, misal berdasarkan bentuk daun,
akar,batang
• Melakukan
tanya jawab tentang cirri-ciri tumbuhan berdasarkan penggolongannya
• Menyimpulkan
bahwa tumbuhan dapat digolongkan berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki
• Mengamati
gambar pertumbuhan manusia.
• Mendiskusikan
bahwa bertambahnya tinggi badan, bertambahnya berat badan merupakan selah
satu cirri pertumbuhan makhluk hidup
• Mendiskusikan
beberapa perubahan yang dapat diamati selama makhluk hidup mengalami
pertumbuhan
• Mendiskusikan
factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
• Tanya jawab tentang
bahwa makanan sangat penting bagi pertumbuhan
• Menjelaskan bahwa
rekreasi, istirahat, olahraga penting bagi pertumbuhan.
|
.... JP
.... JP
.... JP
.... JP
.... JP
|
Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekitar
Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekolah
Buku IPA MI kelas 3
Gambar bermacam-macam hewan
Buku IPA MI kelas 3
Bermacam-macam tanaman
Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekitar
Gambar pertumbuhan manusia
Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekitar
Gambar pertumbuhan manusia
|
Tertulis
Perbuatan
Tertulis
Tertulis
Unjuk kerja
Tertulis
Unjuk kerja
Tertulis
Lesan
|
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat
dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
|
Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
|
• Menyebutkan cirri-ciri
lingkungan sehat
• Menyebutkan cirri-ciri
lingkungan tidak sehat
• Membedakan kondisi
• lingkungan sehat dengan
lingkungan yang tidak sehat
• Menjelaskan
pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
• Mengidentifikasi
lingkungan yang baik bagi kesehatan
• Menjelaskan
ciri rumah yang sehat
|
• Siswa mengamati lingkungan di sekitar
sekolah yang menunjukkan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
• Mencatat hasil
pengamatan tentang cirri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
• Menyimpulkan hasil
pengamatan tentang perbedaan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
• Menjelaskan bahwa
lingkungan berpengaruh terhadap kesehatan
• Mendiskusikan
hal-hal yang harus ada dalam rumah sehat.
|
... JP
|
Buku IPA MI kelas 3 Lingkungan
sekitar sekolah
|
Tertulis
Perbuatan
|
2.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan
yang berpengaruh terhadap kesehatan
|
Lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
|
• Mendiskusikan hal-hal
yang yang harus dilakukan agar lingkungan sehat (misalnya : menanami
tumbuhan, membuang sampah di tempatnya)
|
.... JP
|
Buku IPA MI kelas 3
|
Lisan
Perbuatan
|
|
2.3 Menjelaskan cara
menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
Cara menjaga kesehatan lingkungan
sekitar
|
• Menjelaskan cara yang dapat dilakukan
agar lingkungan sehat
• Memberi
contoh kegiatan nyata untuk memelihara kesehatan lingkungan
• Membuat
laporan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan
pengamatan
|
• Menanamkan pemahaman
bahwa setiap orang memiliki kewajiban untuk selalu memelihara kesehatan
lingkungan
|
.... JP
|
Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekitar
|
Tertulis
Perbuatan
Unjuk kerja
|
3.1
M engidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan
pengamatan meliputu benda padat, cair dan gas
|
Sifat-sifat benda padat, cair, dan gas
|
• Menyebutkan
jenis-jenis benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
• Mengidentifikasi
sifat-sifat benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
• Membedakan
sifat benda padat, cair, dan gas
|
• Membuat daftar benda-benda
yang termasuk padat, cair atau gas
• Menyediakan benda-benda
padat dan cair misalnya air, minyak goreng, sirop, minyak tanah, kapur,
pasir, batu
• Melakukan percobaan untuk
menyelidiki sifat benda padat, cair,dan gas
• Menarik kesimpulan dari
hasil percobaan tentang sifat-sifat benda padat, cair dan gas
|
.... JP
|
Buku IPA MI kelas 3
Bend-benda cair
Benda-benda padat
|
Tertulis
Perbuatan
|
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk,
warna atau rasa ) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan
diletakkan di udara terbuka
|
Perubahan sifat benda
|
• enjelaskan
bentuk-bentuk perubahan sifat benda
• enjelaskan
hal-halyang dapat menyebabkan terjadinya pwerubahan sifat benda
|
• enyediakan
benda-benda yang akan diamati perubahan sifat misalnya tanah liat, kertas,
apel, plastik, es batu, kayu
• iswa
mengamati dan mencatat sifat benda sebelum mengalami perubahan
• Melakukan
percobaan untuk menyelidiki hal yang menyebabkan terjadinya perubahan missal
dibakar, dijemur, lbiarkan terbuka, erta perubahan yang terjadi
• Mencatat
hasil pengamatan dan mengambil kesimpulan
|
.... JP
|
Buku IPA MI kelas 3
kelas 3
Alat-alat percobaan
|
Tertulis
Perbuatan
Unjuk kerja
|
3.3 Menjelaskan
kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas
|
Sifat benda dan kegunaannya
|
• Mengidentifikasi
sifat-sifat benda ( plastic, kayu, kaca, dan kertas)
• Menjelaskan
kegunaan benda-benda (plastic, kayu, kaca dan kertas) yang disesuaikan dengan
sifatnya
|
• Membuat
daftar benda- benda yang banyak digunakan di rumah/sekolah yang terbuat dari
plastic, kaca,kayu,dan kertas
• Melakukan
diskusi mengapa benda-benda tersebut terbuat dari bahan-bahan tertentu
misalnya gelas dari kaca, meja dari kayu, ember dari plastic, buku dari
kertas
• Mendiskusikan hubungan
sifat-sifat bahan dengan kegunaannya
|
.... JP
|
Buku IPA MI kelas 3
Alat-alat percobaan
|
Tertulis
Unjuk kerja
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : III/2
Standar
Kompetensi : Energi dan
perubahannya.
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi, dan sumber energi.
5. Menerapkan konsep energi gerak.
Bumi dan alam semesta.
6. Memahami kenampakan permukaan bumi,
cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia
memelihara dan melestarikan alam.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN BELAJAR
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BAHAN
|
PENILAIAN
|
|
4.1 Menyimpul-kan hasil pengamatan bahwa
gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
Gerak benda
|
• Menyebutkan
berbagai macam gerak gerak benda berdasarkan pengamatan
• Menyebutkan factor-faktor yang
mempengaruhi gerak benda
• Menyebutkan kegunaan gerak benda dalam
kehidupan sehari-hari
|
• Melakukan
percobaan untuk menyelidiki gerak-gerak benda pada bola, batu, helikopter
kertas, air, kaleng susu,dsb
• Menuliskan gerakan setiap benda
misalnya gerak bola memggelinding dan memantul, gerak batu jatuh ke bawah
• Mendiskusikan hubungan gerak benda
dengan gunanya missal gerak bola menggelinding dengan roda pada kaki lemari
• Menulis laporan tentang benda-benda
yang memanfaatkan gerak benda
• Penjelasan tentang energi panas dan
sumber energi panas serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari melalui
praktik mengeringkan kain yang basah
|
…. JP
|
Buku IPA MI kelas 3
Lingkungan sekitar
|
Tertulis
Perbuatan
|
|
4.2 Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam
kehidupan sehari-hari
|
Energi dan pengaruhnya dalam
kehidupan sehari-hari
|
• Menyebutkan
bentuk-bentuk energi
• Menunjukkan adanya
pengaruh energi panas dalam kehidupan sehari-hari
• Menunjukkan adanya
pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari
• Menjelaskan bahwa
getaran menimbulkan bunyi dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari
|
• Penjelasan
tentang pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari melalui pengamatan
terhadap kipas angin
• enyelidiki bahwa
getaran menimbulkan bunyi melalui praktik
• Mendiskusikan
pengaruh bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
... JP
|
Buku IPA MI
|
Tertulis
|
|
4.3 Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya
|
Sumber energi dan kegunaannya
|
• Menyebutkan
sumber-sumber energi
• Memberikan contoh
penggunaan berbagai macam sumber energi dalam kehidupan sehari-hari
• Menjelaskan
tujuan penggunaan sumber energi
|
• Membuat daftar
sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
• Bertanya jawab
tentang penggunaan berbagai macam sumber energi dalam kehidupan sehari-hari
misalnya sinar matahari berguna untuk mengeringkan pakaian, pembangkit
listrik.
|
…. JP
|
Buku IPA MI
|
Tertulis
|
|
5.1 Membuat kincir angin untuk
menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi gerak
|
Penerapan konsep energi gerak
|
• Membuat kincir angin
• enyusun laporan
tentang cara kerja kincir angin
|
• Menyediakan
alat dan bahan untuk menbuat kincir angin
• Mempraktikkan
membuat kincir angin
• Menyelidiki
bahwa kincir bergerak karena adanya perubahan dari energi angin menjadi gerak
• Melaporkan
hasil penyelidikan tentang energi angin dapat berubah menjadi energi gerak
|
.... JP
|
Buku IPA MI
|
Unjuk kerja
|
|
5.2 Menerapkan cara
menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
Penghematan energi
|
• Memberi contoh penerapan cara
menghemat energi di rumah atau di sekolah
|
• Melakukan tanya jawab
tentang sumber-sumber energi
• Mendiskusikan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
• Penjelasan
bahwa hemat energi harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
|
... JP
|
Buku IPA MI
|
Tertulis
|
|
6.1 Mendeskripsikan
kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
|
Penampakan permukaan bumi
|
• Mengidentifikasi
berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan perairan )
• Menjelaskan melalui
pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
• Menyimpulkan melalui
pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak rata
|
• Mengamati
globe atau peta dunia
• Menjelaskan
arti warna pada globe atau peta misalnya warna biru menggambarkan laut, warna
coklat menggambarkan gunung dan pegunungan
• Tanya jawab mengenai
permukaan bumi yang tidak rata berdasarkan pengamatan terhadap globe atau
peta
|
… JP
|
Buku IPA MI
|
Tertulis
Perbuatan
|
|
6.2 Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca
|
Cuaca
|
• Menyebutkan
keadaan cuaca missal berawan, cerah, panas , dingin, hujan
• Meramalkan
keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
• Menggambarkan
secara sederhana simbol yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
|
• Siswa
mengamati keadaan langit
• Menuliskan
keadaan langit saat itu
• Menceritakan
untuk meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi
• Memberi
contoh simbol-simbol yang biasa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
|
... JP
|
Buku IPA MI
|
Tertulis
Lisan
|
|
6.3 Mendeskripsikan
pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
|
Cuaca dan pengaruhnya bagi manusia
|
• Menyebutkan
kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
• Mendeskripsikan
hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan cuaca
|
• Mendiskusikan
kegiatan manusia yang mengandalkan pada hujan atau panas, misalnya menanam
padi di musim hujan, membuat batu bata di musim panas
• Melakukan
tanya jawab tentang pakaian yang dikenakan siswa ketika dingin, ketika panas,
atau ketika olah raga
• Menyimpulkan
bahwa cuaca mempengaruhi kegiatan manusia serta pakaian yang dikenakannya
|
.... JP
|
Buku IPA MI
|
Tertulis
|
|
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam
memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
• Menjelaskan
contoh sumber daya alam dan kegunaannya
• Mengidentifikasi
cara-cara yang digunakan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam
|
• Memperhatikan gambar
tentang lingkungan yang rusak akibat penambangan pasir
• Siswa
menanggapi secara lisan isi gambar
• Menjelaskan
pengertian dari sumber daya alam
|
…. JP
|
Buku IPA MI
|
tertulis
|
||
• Memberi
contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan / pelestarian
• Menjelaskan
tindakan yang dapat merusak lingkunhgan
• Menjelaskan
dampak perilaku manusia terhadap lingkungan
|
• Tanya jawab tentang
contoh-contoh sumber daya alam dan kegunaannya
• Mendiskusikan tentang
perilaku yang merusak lingkungan dan perilaku yang peduli terhadap lingkungan
|
.... JP
|
Buku IPA MI
|
Lisan
|
|||
No comments:
Post a Comment