Friday, July 12, 2019

Silabus IPS MI Kelas 3 Semester 1 dan 2


SILABUS
Nama sekolah                          : MIS Nurul Iman
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                        : III Semester I dan II



NO

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

MATERI
GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

STRATEGI PEMBELAJARAN


EVALUASI

INDIKATOR PEMBELAJARAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR
1
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
1.1   Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
Tema:Lingkungan

1.Lingkungan Alam dan Buatan
1.     Melakukan pengamatan terhadap video atau gambar siswa dapat membedakan lingkung alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
2.     Mengamati gambar untuk mengetahui manfaat lingkungan alam dan buatan bagi kehidupan.
Model:
Discovery Learning

Metode:
1.Diskusi klasikal
2.Tanya jawab

Pendekatan:
Realistik

Teori Belajar:
Teori Belajar Humanistik

Media:
Video atau gambar lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Prosedur:Diakhir pembelajaran

Jenis Tes: Tertulis

Bentuk Tes:Isian

Alat tes:Lembar Soal
1.   Membedakan lingkungan alam dan lingkungan buatan.
2.   Menyebutkan manfaat lingkungan alam dan lingkungan buatan bagi kehidupan.
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan
Buku IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
Tema:
Lingkungan
1.Pemeliharaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
2.Akibat tidak memelihara kebersihan lingkungan di sekitar rumah.
1.     Mengamati video atau gambar untuk mengetahui cara memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
2.     Menyebutkan akibat tidak memelihara kebersihan lingkungan di sekitar rumah.
3.     Memeragakan  cara membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
Model:
Inquiry

Metode:
1.Diskusi Klasikal
2. Tanya Jawab

Pendekatan:Kontruktivisme

Teori Belajar:Kognitif Bruner dan Ausubel

Media:
Video atau gambar, sapu dan pengepel lantai.
Prosedur:
Dipertengahan dan diakhir pembelajaran

Jenis Tes: Tertulis dan praktek

Bentuk Tes:
IsianGame Puzzle

Alat tes:Lembar Soal
1.   Menjelaskan cara pemeliharaan lingkungan alam di sekitar rumah.
2.   Menjelaskan akibat tidak memelihara kebersihan lingkungan di sekitar rumah.
3.   Mempraktekan cara membersihkan lingkungan rumah dengan baik.
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan
Buku IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
1. 3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
.
Tema :Lingkungan

1.     Denah dan Peta Lingkungan Rumah dan Sekolah.
2.     Arah Mata Angin
1.Melakukan peragaan dengan diri siswa, untuk mengetahui arah mata angin.
2.Mengamati gambar untuk mengetahui contoh denah dan cara membuatnya.
Model:
Contextual Teaching and Learning.

Pendekatan:Realistik

Metode:
Peragaan

Teori Belajar:Kognitif Ausubel

Media: Gambar dan Diri Siswa
Prosedur:Diawal, ditengah dan diakhir pembelajaran

Jenis Tes:Tes tulis

Bentuk Tes:Isian dan Produk

Alat Tes:Lembar soal dan kertas gambar atauHVS.
1.                Membedakan arah mata angindengan benar.
2.                Membuat denah dengan baik.
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan.
Buku IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
Tema :
Lingkungan.

1.   Bentuk-bentuk kerjasama
2.   Gotong Royong sebagai ciri khas bangsa Indonesia.
3.   Pengalaman dan manfaat kerjasama di lingkungan.
1.                Mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru untuk mengetahui bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan atau desa.
2.                Melakukan kegiatan bermain peran untuk menyadari bahwa gotong royong sebagai ciri khas bangsa Indonesia.
3.                Mendengarkan penjelasan guru untuk mengetahui pengalaman dan manfaat kerjasama di lingkungan.
Model:
Cooperative Learning.

Metode:
Ceramah plus (tanya jawab dan tugas), pembelajaran individual
dan bermain peran.

Pendekatan:
Realistik

Teori Belajar:
Teori belajar kognitif Ausubel dan Humanistik.

Media:
Naskah drama pendek dan gambar.
Prosedur:Ditengah dan diakhir pembelajaran

Jenis Tes:Tes tulis dan tes praktek.

Bentuk Tes:
Drama dan isian.

Alat Tes:Lembar soal
1.   Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan rumah,sekolah, dan kelurahan atau desa.
2.               Mengetahui gotong royong sebagai ciri khas bangsa Indonesia.
3.               Menjelaskan pengalaman dan manfaat kerja sama di lingkungan.
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan.
Buku IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
2.1  Mengenal jenis-jenis pekerjaan.
Tema:Kegiatan
Jenis-jenis pekerjaan
1.    Mengamati video dan gambar untuk mengetahui dan membedakan jenis-jenis pekerjaan.
Model:
Belajar Tuntas

Metode:
Ceramah plus (tanya jawab dan tugas), pembelajaran individual

Pendekatan:
Kontekstual

Teori Belajar:
Teori Behavioristik

Media:
Video atau gambar danPuzzle.
Prosedur:Diakhir pembelajaran

Jenis Tes:Tes Tulis

Bentuk Tes:isianPuzzelAcak Kata.

Alat Tes:
Lembar Soal
1.     Membedakan jenis-jenis pekerjaan.
1 x 35 menit untuk 1x pertemuan
Buku IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.


















2.2  Memahami pentingnya semangat kerja
Tema:Kegiatan
1.Pentingnya semangat bekerja.
1.   Melalui penjelasan guru siswa dapat mengetahui alasan orang harus bekerja.
2.   Melalui penjelasan guru siswa dapat mengetahui pentingnya memiliki semangat dalam bekerja.
Model:
Pengembangan Intelektual

Metode:
Diskusi klasikal dan penugasan.

Pendekatan:
Realistik.

Teori Belajar:
Teori Belajar Kognitif dan Humanistik.

Media:
Lembar Soal dan Buku sumber.
Prodesur:Diakhir pembelajaran

Jenis Tes:Tes Tulis

Bentuk Tes:Isian

Alat Tes:
Lembar Soal
1.Mengetahui alasan orang tua harus bekerja.
2.Menjelaskan pentingnya memiliki semangat dalam bekerja.
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan
Buku IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
2.3  Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
Tema:Kegiatan

1.   Kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah.
2.        Mengamati video atau gambar untuk mengetahui kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
3.        Melakukan kegiatan observasi di lingkungan sekolah untuk mengetahui apa saja yang di jual belikan di kantin sekolah.
4.        Melakukan bermain peran untuk mengaplikasikan kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
Model:
Inquiry

Metode:
Diskusi klasikal, pembelajaran individual, pembelajaran kelompok dan sosio drama.

Pendekatan:
Kontekstual

Teori:
Teori belajar kognitif.
Teori Behavioristik
Teori Sosial

Media:
Media konkret berupa barang-barang yang bisa di jual belikan
Prodesur:
Ditengah dandiakhir pembelajaran

Jenis Tes:
Tes tulis dan Tes Praktik

Bentuk Tes:Isian

Alat Tes:
Lembar soal
1.       Mengetahui kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
2.               Mengetahui apa saja yang di jual belikan di kantin sekolah.
3.               Mengaplikasikan kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan
Buku IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
2.4  Mengenal sejarah uang.
Tema:Kegiatan
1.     Sejarah uang
2.     Jenis uang yang beredar di masyarakat
3.     Ciri-ciri uang yang beredar di masyarakat.
1.     Mendengarkan cerita dengan menggunakan wayang untuk mengenal sejarah adanya uang.
2.     Mengamati uang untuk mengetahui jenis uang yang beredar di masyarakat dengan benar.
3.     Mengamati uang untuk mengetahui ciri-ciri uang yang beredar di masyarakat.
Model:
Belajar tuntas

Metode:
Bercerita, ceramah plus tanya jawab dan penugasan

Pendekatan:
Kontekstual

Teori Belajar:
Teori Kognitif Bruner

Media:
Media konkret berupa wayang-wayangan, uang logam dan kertas.
Prodesur:
Diakhir pembelajaran

Jenis Tes:Tes tulis

Bentuk Tes:Isian

Alat Tes:
Lembar soal
1.  Mengetahui sejarah adanya uang.
2.  Mengetahui jenis peredaran uang di lingkungan masyarakat.
3.  Mengetahui ciri-ciri uang yang beredar di masyarakat.
2 x 35menit untuk 1x pertemuan
Buku IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.
2.5  Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
Tema:
Kegiatan
1.   Penggunaan uang sesuai kebutuhan
2.   Kegunaan uang
3.   Cara mengelola uang dengan baik.
1. Mengetahui macam-macam kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mengamati uang Indonesia dan Mata uang negara Malaysia, untuk mengetahui bahwa ada perbedaan antara nilai tukar mata uang negara Indonesia dengan mata uang negara Malaysia.
3. Mengetahui cara mengelola uang dengan baik.
4. Mengetahui manfaat mengelola uang dengan baik.
Model:
CTL (Contecstual Teaching Learning)

Metode:
Diskusi klasikal dan penugasan.

Pendekatan:
Kontekstual
Teori:
Teori belajar kognitif Bruner dan Teori belajar Humanistik

Media:
Media kongkret berupa uang negara Indonesia dan uang negara Malaysia serta celengan dan buku tabungan.
Prosedur:
Ditengah pembelajaran dan diakhir pembelajaran

Jenis tes:
Tes tulis

Bentuk tes:
Uraian

Alat tes:
Lembar Evaluasi
1.Mengetahui macam-macam kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari.
2.Mengetahui perbedaan nilai tukar negara Indonesia dengan mata uang negara Malaysia.
3.Menjelaskan cara mengelola uang dengan baik.
4.Menjelaskan manfaat pengelolaan uang dengan baik.
2 x 35menit untuk 1x pertemuan
Buku IPS kelas III sekolah dasar dan media elektronik.


No comments: