SILABUS
Nama
sekolah :
MIS Nurul Iman
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
III Semester I dan II
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
GAGASAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
EVALUASI
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
1. Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
1.1 Menceritakan lingkungan
alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
|
Tema:Lingkungan
1.Lingkungan Alam dan Buatan
|
1. Melakukan pengamatan terhadap video atau gambar siswa
dapat membedakan lingkung alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah dan
sekolah.
2. Mengamati gambar untuk mengetahui manfaat lingkungan
alam dan buatan bagi kehidupan.
|
Model:
Discovery Learning
Metode:
1.Diskusi klasikal
2.Tanya jawab
Pendekatan:
Realistik
Teori Belajar:
Teori Belajar Humanistik
Media:
Video atau gambar lingkungan alam
dan lingkungan buatan.
|
Prosedur:Diakhir pembelajaran
Jenis Tes: Tertulis
Bentuk Tes:Isian
Alat tes:Lembar
Soal
|
1. Membedakan lingkungan alam dan lingkungan buatan.
2. Menyebutkan manfaat lingkungan alam dan lingkungan buatan
bagi kehidupan.
|
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan
|
Buku IPS kelas III sekolah dasar
dan media elektronik.
|
1.2 Memelihara lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah.
|
Tema:
Lingkungan
1.Pemeliharaan lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah.
2.Akibat tidak memelihara
kebersihan lingkungan di sekitar rumah.
|
1. Mengamati video atau gambar untuk mengetahui cara
memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
2. Menyebutkan akibat tidak memelihara kebersihan
lingkungan di sekitar rumah.
3. Memeragakan cara membersihkan lingkungan di
sekitar rumah.
|
Model:
Inquiry
Metode:
1.Diskusi Klasikal
2. Tanya Jawab
Pendekatan:Kontruktivisme
Teori Belajar:Kognitif Bruner dan Ausubel
Media:
Video atau gambar, sapu dan
pengepel lantai.
|
Prosedur:
Dipertengahan dan diakhir
pembelajaran
Jenis Tes: Tertulis dan praktek
Bentuk Tes:
IsianGame Puzzle
Alat tes:Lembar Soal
|
1. Menjelaskan cara pemeliharaan lingkungan alam di sekitar
rumah.
2. Menjelaskan akibat tidak memelihara kebersihan lingkungan
di sekitar rumah.
3. Mempraktekan cara membersihkan lingkungan rumah dengan
baik.
|
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan
|
Buku IPS kelas III sekolah dasar
dan media elektronik.
|
||
1. 3 Membuat denah dan peta
lingkungan rumah dan sekolah
.
|
Tema :Lingkungan
1. Denah dan Peta Lingkungan Rumah dan Sekolah.
2. Arah Mata Angin
|
1.Melakukan peragaan dengan diri
siswa, untuk mengetahui arah mata angin.
2.Mengamati gambar untuk
mengetahui contoh denah dan cara membuatnya.
|
Model:
Contextual Teaching and Learning.
Pendekatan:Realistik
Metode:
Peragaan
Teori Belajar:Kognitif Ausubel
Media: Gambar dan Diri Siswa
|
Prosedur:Diawal, ditengah dan diakhir pembelajaran
Jenis Tes:Tes tulis
Bentuk Tes:Isian dan Produk
Alat Tes:Lembar soal dan kertas gambar atauHVS.
|
1. Membedakan arah mata angindengan benar.
2. Membuat denah dengan baik.
|
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan.
|
Buku IPS kelas III sekolah dasar
dan media elektronik.
|
||
1.4 Melakukan kerjasama di
lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
|
Tema :
Lingkungan.
1. Bentuk-bentuk kerjasama
2. Gotong Royong sebagai ciri khas bangsa Indonesia.
3. Pengalaman dan manfaat kerjasama di lingkungan.
|
1. Mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan
guru untuk mengetahui bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan rumah, sekolah,
dan kelurahan atau desa.
2. Melakukan kegiatan bermain peran untuk menyadari bahwa
gotong royong sebagai ciri khas bangsa Indonesia.
3. Mendengarkan penjelasan guru untuk mengetahui
pengalaman dan manfaat kerjasama di lingkungan.
|
Model:
Cooperative Learning.
Metode:
Ceramah plus (tanya jawab dan
tugas), pembelajaran individual
dan bermain peran.
Pendekatan:
Realistik
Teori Belajar:
Teori belajar kognitif Ausubel dan
Humanistik.
Media:
Naskah drama pendek dan gambar.
|
Prosedur:Ditengah dan diakhir pembelajaran
Jenis Tes:Tes tulis dan tes praktek.
Bentuk Tes:
Drama dan isian.
Alat Tes:Lembar soal
|
1. Menyebutkan
bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan rumah,sekolah, dan kelurahan atau desa.
2. Mengetahui gotong royong sebagai ciri khas bangsa
Indonesia.
3. Menjelaskan pengalaman dan manfaat kerja sama di
lingkungan.
|
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan.
|
Buku IPS kelas III sekolah dasar
dan media elektronik.
|
||
2. Memahami jenis pekerjaan dan
penggunaan uang
|
2.1 Mengenal jenis-jenis
pekerjaan.
|
Tema:Kegiatan
Jenis-jenis pekerjaan
|
1. Mengamati video dan gambar untuk mengetahui dan membedakan
jenis-jenis pekerjaan.
|
Model:
Belajar Tuntas
Metode:
Ceramah plus (tanya jawab dan
tugas), pembelajaran individual
Pendekatan:
Kontekstual
Teori Belajar:
Teori Behavioristik
Media:
Video atau gambar danPuzzle.
|
Prosedur:Diakhir pembelajaran
Jenis Tes:Tes Tulis
Bentuk Tes:isianPuzzelAcak Kata.
Alat Tes:
Lembar Soal
|
1. Membedakan jenis-jenis pekerjaan.
|
1 x 35 menit untuk 1x pertemuan
|
Buku IPS kelas III sekolah dasar
dan media elektronik.
|
|
2.2 Memahami pentingnya
semangat kerja
|
Tema:Kegiatan
1.Pentingnya semangat bekerja.
|
1. Melalui penjelasan guru siswa dapat mengetahui alasan orang
harus bekerja.
2. Melalui penjelasan guru siswa dapat mengetahui pentingnya
memiliki semangat dalam bekerja.
|
Model:
Pengembangan Intelektual
Metode:
Diskusi klasikal dan penugasan.
Pendekatan:
Realistik.
Teori Belajar:
Teori Belajar Kognitif dan
Humanistik.
Media:
Lembar Soal dan Buku sumber.
|
Prodesur:Diakhir pembelajaran
Jenis Tes:Tes Tulis
Bentuk Tes:Isian
Alat Tes:
Lembar Soal
|
1.Mengetahui alasan orang tua
harus bekerja.
2.Menjelaskan pentingnya memiliki
semangat dalam bekerja.
|
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan
|
Buku IPS kelas III sekolah dasar
dan media elektronik.
|
||
2.3 Memahami kegiatan jual
beli di lingkungan rumah dan sekolah
|
Tema:Kegiatan
1. Kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah.
|
2. Mengamati video atau gambar untuk mengetahui kegiatan jual
beli di lingkungan rumah dan sekolah.
3. Melakukan kegiatan observasi di lingkungan sekolah untuk
mengetahui apa saja yang di jual belikan di kantin sekolah.
4. Melakukan bermain peran untuk mengaplikasikan
kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
|
Model:
Inquiry
Metode:
Diskusi klasikal, pembelajaran
individual, pembelajaran kelompok dan sosio drama.
Pendekatan:
Kontekstual
Teori:
Teori belajar kognitif.
Teori Behavioristik
Teori Sosial
Media:
Media konkret berupa barang-barang
yang bisa di jual belikan
|
Prodesur:
Ditengah dandiakhir pembelajaran
Jenis Tes:
Tes tulis dan Tes Praktik
Bentuk Tes:Isian
Alat Tes:
Lembar soal
|
1. Mengetahui kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
2. Mengetahui apa saja yang di jual belikan di kantin
sekolah.
3. Mengaplikasikan kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan
sekolah.
|
2 x 35 menit untuk 1x pertemuan
|
Buku IPS kelas III sekolah dasar
dan media elektronik.
|
||
2.4 Mengenal sejarah uang.
|
Tema:Kegiatan
1. Sejarah uang
2. Jenis uang yang beredar di masyarakat
3. Ciri-ciri uang yang beredar di masyarakat.
|
1. Mendengarkan cerita dengan menggunakan wayang untuk
mengenal sejarah adanya uang.
2. Mengamati uang untuk mengetahui jenis uang yang beredar di
masyarakat dengan benar.
3. Mengamati uang untuk mengetahui ciri-ciri uang yang
beredar di masyarakat.
|
Model:
Belajar tuntas
Metode:
Bercerita, ceramah plus tanya
jawab dan penugasan
Pendekatan:
Kontekstual
Teori Belajar:
Teori Kognitif Bruner
Media:
Media konkret berupa
wayang-wayangan, uang logam dan kertas.
|
Prodesur:
Diakhir pembelajaran
Jenis Tes:Tes tulis
Bentuk Tes:Isian
Alat Tes:
Lembar soal
|
1. Mengetahui sejarah adanya uang.
2. Mengetahui jenis peredaran uang di lingkungan masyarakat.
3. Mengetahui ciri-ciri uang yang beredar di masyarakat.
|
2 x 35menit untuk 1x pertemuan
|
Buku IPS kelas III sekolah dasar
dan media elektronik.
|
||
2.5 Mengenal penggunaan uang
sesuai dengan kebutuhan
|
Tema:
Kegiatan
1. Penggunaan uang sesuai kebutuhan
2. Kegunaan uang
3. Cara mengelola uang dengan baik.
|
1. Mengetahui macam-macam kegunaan
uang dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mengamati uang Indonesia dan
Mata uang negara Malaysia, untuk mengetahui bahwa ada perbedaan antara
nilai tukar mata uang negara Indonesia dengan mata uang negara Malaysia.
3. Mengetahui cara mengelola uang
dengan baik.
4. Mengetahui manfaat mengelola
uang dengan baik.
|
Model:
CTL (Contecstual Teaching
Learning)
Metode:
Diskusi klasikal dan penugasan.
Pendekatan:
Kontekstual
Teori:
Teori belajar kognitif Bruner dan
Teori belajar Humanistik
Media:
Media kongkret berupa uang negara
Indonesia dan uang negara Malaysia serta celengan dan buku tabungan.
|
Prosedur:
Ditengah pembelajaran dan diakhir
pembelajaran
Jenis tes:
Tes tulis
Bentuk tes:
Uraian
Alat tes:
Lembar Evaluasi
|
1.Mengetahui macam-macam kegunaan
uang dalam kehidupan sehari-hari.
2.Mengetahui perbedaan nilai tukar
negara Indonesia dengan mata uang negara Malaysia.
3.Menjelaskan cara mengelola uang
dengan baik.
4.Menjelaskan manfaat pengelolaan
uang dengan baik.
|
2 x 35menit untuk 1x pertemuan
|
Buku IPS kelas III
sekolah dasar dan media elektronik.
|
No comments:
Post a Comment